Lihat ke Halaman Asli

Kemajuan Teknologi Komunikasi Di Indonesia

Diperbarui: 15 Juli 2024   12:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

KEMAJUAN TEKNOLOGI
KOMUNIKASI DI INDONESIA
 
 
Dilvina Aprisa
Mahasiswa Universitas Serang Raya
 
 
 
ABSTRAK
Kemajuan teknologi komunikasi di Indonesia telah menjadi salah satu motor utama dalam transformasi sosial, ekonomi, dan budaya di negara ini. Artikel ini mengulas evolusi infrastruktur telekomunikasi, dari pengenalan jaringan seluler GSM hingga adopsi teknologi 5G yang sedang berkembang. Selain itu, artikel ini membahas dampak teknologi broadband dan Wi-Fi publik dalam memperluas konektivitas digital bagi masyarakat. Inovasi dalam aplikasi digital seperti media sosial, e-commerce, dan fintech juga dipaparkan sebagai faktor penting dalam transformasi ekonomi digital di Indonesia. Regulasi keamanan siber dan upaya meningkatkan literasi digital juga menjadi bagian dari analisis, menyoroti tantangan dan peluang di masa depan. Kesimpulannya, kemajuan teknologi komunikasi di Indonesia bukan hanya mengubah cara masyarakat berinteraksi dan berbisnis, tetapi juga membuka jalan menuju ekosistem digital yang lebih inklusif dan inovatif.
 
 
 
1. Pendahuluan
 
Kemajuan teknologi komunikasi di Indonesia merujuk pada perkembangan dan inovasi dalam berbagai aspek teknologi yang mempengaruhi cara masyarakat berkomunikasi, mengakses informasi, dan berinteraksi di era digital. Kemajuan Teknologi informasi dan Komunikasi telah membuka tahap baru bagi masyarakat untuk memperoleh informasi secara otonom. Sekat-sekat informasi dengan sendirinya menghilang oleh inisiatif kuat individu yang ingin mengetahui lebih jauh apa yang terjadi sekitarnya. Masyarakat memiliki akses terhadap sumber informasi dimanapun mereka berada. Konsekuensinya, masyarakat menjadi kritis dan tanggap terhadap banyak hal yang berkembang.Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology - ICT) merupakan suatu yang harus ada dan diikuti oleh masyarakat modern saat ini. Pengembangannya dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Teknologi informasi dan komunikasi terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidak dapat dipungkiri. Seperti yang kita ketahui bahwa di era serba modern seperti saat ini, peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat berpengaruh. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas kita yang kerap kali ditunjang dengan teknologi informasi itu sendiri yang mampu menjawab tuntutan pekerjaan yang lebih cepat, mudah, murah dan menghemat waktu. Kemajuan teknologi menjadi jawaban dari kemajuan globalisasi yang kian menyelimuti dunia. Suatu kemajuan yang tentunya akan memberikan dampak bagi peradaban masyarakat.
Perkembangan teknologi dan komunikasi yang begitu pesat, telah memunculkan adanya sebuah media baru. Keberadaan media baru ini diantaranya adalah munculnya internet. Internet sebagai sebuah produk teknologi komunikasi, meski sudah berkembang sejak puluhan tahun yang lalu, namun hingga saat ini keberadaannya semakin dibutuhkan oleh hampir semua masyarakat dunia. Masyarakat tidak hanya merasakan kelebihan internet tetapi juga merasakan dampak negatif adanya internet.
 
 
 
2. Pembahasan
 
Teknologi komunikasi adalah suatu sistem yang digunakan oleh masyarakat modern untuk berinteraksi satu sama lain untuk bertukar pesan melalui panca indera sebagai fungsi komunikasi dalam manajemen logistik. Perkembangan teknologi secara langsung akan mempengaruhi perkembangan dalam dunia komunikasi. Perkembangan teknologi telah meningkatkan gaya hidup masyarakat. Manusia diciptakan untuk saling melengkapi, hal inilah yang mendorong manusia untuk dapat mempermudah cara berkomunikasi seperti fungsi komunikasi dalam pekerjaan kantor. Alat komunikasi yang digunakan semakin canggih seiring dengan perkembangan dunia modern. Kurang lebih 30 tahun yang lalu di Indonesia terdapat ponsel baru yang berukuran sangat besar dan berat, kemudian hingga saat ini ponsel yang beredar semakin hari semakin tipis dan ringan. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa ada beberapa pengaruh teknologi komunikasi di masyarakat.
Komunikasi lebih canggih
Kehadiran alat dan perlengkapan komunikasi yang canggih tentunya dipengaruhi oleh perkembangan kecanggihan teknologi. Saat ini ponsel yang dibanderol hanya 1 jutaan saja sudah bisa menerapkan teknologi canggih. Karena itulah kini banyak beredar ponsel dengan harga ekonomis namun berbalut teknologi menjanjikan. Tentu saja hal ini sangat membantu dan juga memberikan pengaruh terhadap perkembangan dunia komunikasi.
Mengakses informasi lebih cepat dan mudah
Dengan berkembangnya teknologi khususnya penggunaan internet dalam berkomunikasi. Sekarang Kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi dengan cepat. Apalagi saat ini sudah banyak provider komunikasi yang meningkatkan kecepatan aksesnya. Tentu hal ini semakin mempengaruhi proses informasi dalam berkomunikasi dapat diperoleh dengan lebih cepat, dahulu teknologi 3G berkembang sekarang kita dapat mengakses segala informasi dengan lebih cepat dengan bantuan jaringan 4G yang tentunya akan membuat kita lebih puas dan nyaman dalam berkomunikasi.
Mudahnya bertukar informasi
Perkembangan teknologi komunikasi telah memunculkan banyak kemudahan yang dapat dirasakan oleh manusia. Salah satunya adalah kemudahan bertukar informasi. Kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari berbagai sumber dan dari mana saja di dunia. Kita juga dapat memantau semua informasi terbaik di segala bidang, baik politik, sosial, maupun ekonomi.
Cepatnya perkembangan dunia
Tentunya dengan adanya teknologi komunikasi yang semakin berkembang menyebabkan pesatnya perkembangan dunia. Perkembangan teknologi komunikasi telah menyebabkan perkembangan di berbagai bidang, baik itu sosial, politik atau bahkan ekonomi.
Memudahkan pekerjaan
Tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi hadir dalam mempermudah pekerjaan. Penggunaan komputer dan internet saat ini membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Jika dulu Anda harus menulis laporan, mengetik menggunakan mesin tik, namun dengan hadirnya teknologi, kini semua pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Dengan program yang tersedia Anda tinggal memasukkan data dan membiarkan komputer memprosesnya. Sedangkan kita lihat dari aspek budaya, perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh yang begitu besar terutama bagi generasi muda bangsa. Teknologi membawa pengetahuan baru bagi para pembacanya, namun sayangnya pengetahuan tersebut kemudian menjadi sesuatu yang kemudian disebut sebagai nihilisme. Teknologi membantu menyebarkan bahasa Inggris ke seluruh dunia dan kemudian menjadikan bahasa ini sebagai bahasa resmi yang digunakan di seluruh dunia dan setiap negara mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa bahkan sejak usia dini. Jika melihat fenomena penggunaan bahasa Inggris di Indonesia, sepertinya masyarakat lebih bangga menggunakan bahasa negara lain daripada bahasanya sendiri karena banyak orang yang lebih mengerti bahasa Inggris daripada bahasa daerah. Kemudian tayangan informasi yang disajikan melalui TV atau internet tentang pemuda di luar negeri dan gaya hidup mereka di sana juga berusaha untuk diikuti oleh pemuda kita di Indonesia. Banyak pemuda yang melakukan hubungan seks di luar nikah pada usia sekolah tanpa pendidikan seks sejak dini, hal ini tentu saja melanggar adat dan nilai-nilai ketimuran bangsa ini.
 
Kesimpulan
Kemaajuan teknologi komunikasi di Indonesia adalah proses yang kompleks dan multi-dimensional yang mencakup perkembangan infrastruktur, akses internet, aplikasi digital, keamanan, regulasi, dan inovasi masa depan. Dampaknya terasa dalam berbagai aspek kehidupan, dari cara kita berkomunikasi hingga bagaimana kita melakukan transaksi dan mengakses layanan. Teknologi komunikasi berperan sebagai pendorong utama transformasi digital yang membentuk masa depan Indonesia dalam era informasi ini.
 
 
Daftar Pustaka
 
Hartono; Jogiyanto, MBA, Ph.D (1990), Analisis dan
Disain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta :
Andi offset
 
Hastjarjo, Sri. (2012). Literasi Media baru berbasis local wisdom jawa dalam Titaley, A.John (2012).
Literasi Media dan Kearifan Lokal -- Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: ASPIKOM.
 
McQuail, Dennis (2010). Teori Komunikasi Massa.
Jakarta: Salemba
 
Sumber: www.metrojambi.comz




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline