Lihat ke Halaman Asli

Hari Ini! Pergantian Kiswah Ka'bah Setelah Solat Isya WAS

Diperbarui: 6 Juli 2024   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada hari ini, 06 Juli 2024. Insya Allah setelah salat Isya akan berlangsung di Masjidil Haram Makkah pergantian Kiswah.

Kiswah adalah kain penutup Ka'bah berwarna hitam & berhiaskan kaligrafi ayat-ayat Al-Qur'an. Setiap tahun, kiswah yang baru dipersiapkan dengan teliti oleh pengrajin khusus yang berpengalaman. Pembuatan Kiswah melibatkan penggunaan kain sutra berkualitas tinggi yang dihiasi dengan benang emas dan perak, mencerminkan kemegahan dan keagungan Ka'bah.

Sejak tahun 1444H atau 2022 M, Kiswah Ka'bah diganti setiap tanggal 1 Muharram, bertepatan dengan Tahun Baru Islam. Sebelumnya, pergantian kiswah dilakukan setiap tanggal 9 Dzulhijjah, saat para jamaah haji melaksanakan Wukuf di Arafah.

Proses pergantian Kiswah dilakukan oleh tim ahli yang telah dilatih secara khusus. Mereka bekerja dengan hati-hati untuk memastikan kain yang lama dilepas dengan cara yang penuh hormat dan Kiswah yang baru dipasang dengan sempurna. Proses ini biasanya berlangsung selama beberapa jam, dimulai setelah salat Isya Waktu Arab Saudi, Insya Allah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline