Komunikasi Massa merupakan perluasan dari Komunikasi Publik. Oleh karena itu, komunikan dari Komunikasi Massa sangat kompleks serta menggunakan media massa.
Komunikasi Massa merupakan penyampaian pesan kepada khalayak melalui media massa.
Media Massa merupakan alat / sarana / platform untuk menyampaikan pesan secara menyeluruh.
Media massa memiliki power yang kuat dan terbagi menjadi
Media Cetak
Media Elektronik
Media Digital/Internet
Contoh dari Media Cetak yaitu Surat Kabar, Majalah dan Tabloid. Radio dan TV merupakan contoh dari Media Elektronik, dan contoh dari Media Digital seperti Blog, website dan media sosial (Youtube, Facebook, Instagram).
Komunikator dari Komunikasi Massa merupakan sebuah lembaga, perusahaan atau institusi dan bukan individu, karena dalam Komunikasi Massa seorang komunikator harus terlembaga atau terorganisasi. Namun, karena Media Sosial akhirnya Individu pun dapat menjadi komunikator dalam Komunikasi Massa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H