Lihat ke Halaman Asli

Dillah Aprillia Rahmayanti

Life is Journey to Learn n Give

Simak! Ini Dia 20 Prinsip Hidup Sukses dan Raih Kebahagiaan, Kamu Punya?

Diperbarui: 28 Juni 2021   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Cakep, pinter, sukses, bahagia pula, siapa yang tidak ingin punya hidup seperti itu? Sepertinya semua orang ingin memiliki hidup yang sempurna, namun sayangnya tidak ada satu orang pun yang bisa memilikinya. Ada saja celah yang membuat hidup terasa kurang bahagia. Oleh karena itu, sebagian orang tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Mungkin kalau bisa mengubah kehidupan, rasanya setiap orang ingin mengubahnya sesuai ekspektasi mereka. Karena terkadang hidup berjalan tidak sesuai atau bahkan diluar ekspektasi manusia.

Sukses itu bukan suatu kebetulan dan kehidupan yang luar biasa tidak pula datang secara kebetulan. Menjadi orang beruntung itu butuh persiapan karena kita harus menyambut suatu kesempatan. Tidak ada yang instan untuk meraih suatu kesuksesan dan akan selalu ada jalan untuk meraihnya. Ada prinsip yang harus dijalani, jika kita tau dan mau menerapkannya maka akan menjalani kehidupan sukses dan bahagia.

Cobalah dalam hidup pegang 20 prinsip ini,:

  1. Tidak ada yang tidak bisa kamu raih dalam hidup, jika kamu siap berjuang untuk meraihnya. Tidak ada Batasan dalam pikiran, batasan itu kita sendiri yang menciptakannya. Apa yang kita inginkan ada ditangan kita, mau menjadi seperti apapun tergantung pada kita sendiri. Batasan itu hanya ada pada diri sendiri, tidak ada seseorang yang bisa membuatmu gagal kecuali dirimu sendiri. Kegagalan itu terjadi ketika kamu memilih untuk menyerah.
  2. Bertanggungjawablah atas hidupmu sendiri, maka kamu bisa mengendalikannya. Keluarlah dari zona nyamanmu, karena tidak ada pertumbuhan dalam zona nyaman. Kekuatan yang besar itu lahir dari tanggungjawab yang besar. Orang sukses tidak pernah membuat alasan ataupun menyalahkan oranglain. Sadari dan mulailah berjuang.
  3. Selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Coba resapilah kata-kata bahwa orang sukses adalah orang yang pandai bersyukur. Ketika kita beryukur dengan apa yang kita miliki maka hidup akan jauh lebih baik, memberikan suasana hati yang lebih baik, pikiran yang jernih, sehingga mendapatkan hasil yang sempurna.
  4. Jangan pernah ragu dengan apa yang kamu lakukan. Akan selalu ada orang yang mendukung, tetapi ada juga orang yang menentang maka tugasmu adalah berusaha untuk tidak terpengaruh. Fokus saja dengan apa yang kamu kerjakan, berjalanlah dengan hidup yang kamu inginkan. Karena kita tidak akan bisa membuat semua orang menyukai kita, jadilah diri sendiri dan hiduplah atas kemauan sendiri.
  5. Jangan pernah berhenti belajar dan mengasah potensi diri. Pemenang dalam hidup ini bukan orang yang pintar, bukan juga yang kuat, tapi pemenangnya adalah orang yang bisa beradaptasi dalam perubahan. Dalam beradaptasi butuh belajar secara konsisten, semakin kamu belajar maka kamu akan semakin menghasilkan. Terus bertumbuh adalah salah satu kunci.
  6. Hiduplah dengan integritas dan kejujuran. Hidup berintegritas itu adalah selalu hidup dalam kejujuran. Integritas lahir ketika kamu selalu jujur bahkan saat tidak ada yang melihatmu. Hidup dalam kejujuran maka kita akan selalu merasa bangga.
  7. Berikan yang terbaik dari kemampuan yang dimiliki. Pada dasarnya tidak ada kehidupan yang luar biasa itu lahir dari tindakan yang biasa-biasa saja, semua ada karena kerja keras yang dilakukan. Totalitas terhadap apa yang kita kerjakan akan menghasilkan sesuatu yang hebat. Untuk selalu melakukan yang terbaik terkadang memang perlu dipaksakan. Nikmati proses dan teruslah berjuang, cintailah apa yang kamu lakukan.
  8. Ubahlah cara pandang dengan mengubah fokusnya. Ketika hidup terasa berat, belajarlah untuk cepat mengalihkan fokus pada hal-hal yang lebih bermanfaat. Cobalah untuk fokus bersyukur terhadap apa yang telah kita miliki.
  9. Jangan hanya mengejar uang, ikuti tujuanmu juga. Selalu melakukan apa yang menurut kita benar, yang kita sukai, dan juga sesuatu yang bisa membantu banyak orang. Dengan kita lebih berfokus pada tujuan, maka uang akan datang dan mengejar kita.
  10. Tidak ada kegagalan kecuali ketika kamu gagal belajar dari kegagalan. Dalam perjuangannya, semua orang pasti pernah merasakan kegagalan. Biasanya orang sukses adalah orang yang memiliki kegagalan lebih banyak daripada kebanyakan orang. Kegagalan bukan akhir dari kisah perjuangan, maka belajarlah juga dari kegagalan itu.
  11. Hasil akhir akan berbanding lurus dengan pengorbanan. Orang sukses akan fokus pada proses dan terus berjalan dengan proses itu. Mereka dengan senang hati akan terus berkorban karena mereka tahu akan dihargai setelah melewati proses itu.
  12. Kesabaran adalah kekuatan. Bukan berarti kamu tidak melakukan apa-apa, tapi cobalah untuk terus bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas. Namun jika hasil yang datang belum sesuai denga napa yang diharapkan maka bersabarlah sampai hasil itu datang.
  13. Kehidupan yang mudah tidak akan ada harganya. Ketika kamu mengingkan sesuatu maka harus siap berjuang untuk mendapatkannya. Untuk berjuang kamu harus rela mengorbankan segalanya. Jika hal itu dapat membuatmu bahagia dan bangga, maka layak untuk diperjuangkan.
  14. Masa lalu bukan penghalang untuk menciptakan masa depan. Mulai sekarang, lepaskanlah masa lalu biarkan dia hilang dan fokus dari sekarang untuk menciptakan masa depan yang lebih baik karena masa lalu itu bukanlah penghalang.
  15. Tidak pernah terlambat untuk menjadi besar. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi yang terbaik, menjadi orang sukses. Lakukan dari sekarang, hidup itu cuma sekali, jadikan hidupmu itu lebih berarti.
  16. Tidak semua orang akan suka terhadap dirimu. Beberapa orang akan kesal bahkan cemburu dengan kesuksesanmu, dengan apa yang telah kamu dapatkan. Tetaplah berjuang untuk menjadi yang terbaik karena orang-orang yang mencintaimu akan selalu ada disisimu dalam perjalanan hidupmu.
  17. Kebiasaan akan membuatmu sukses atau malah menghancurkanmu. Cobalah sesekali mengevaluasi dalam perjalananmu meraih impian, mana saja kebiasaan buruk yang akan menghambat dan berusahalah setiap harinya untuk dihilangkan. Tumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan secara konsisten karena dapat melahirkan karakter yang baik untuk dirimu.
  18. Ketakutan adalah ilusi. Ketakutan itu hadir karena diri kita sendiri. Jangan jadikan ketakutan itu sebagai alasan untuk menahan diri, takut gagal, malu, dan sebagainya. Kejarlah apa yang kamu inginkan untuk hidupmu.
  19. Tanpa arah, kamu akan berakhir di tujuan yang salah. Orang sukses tahu kemana mereka pergi, mereka memiliki tujuan yang jelas, besar, dan berarti. Orang sukses selalu berjuang untuk bisa mendapatkan itu.
  20. Tidak ada yang percaya padamu, sampai kamu melakukannya. Jika kamu ingin melihat orang lain mendukungmu, pimpinlah mereka dengan memberi contoh. Kalahkan ketidakyakinan, tumbuhlah dengan rasa percaya diri dan lakukan mulai dari sekarang. Jangan takut untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. 

Coba lakukan 20 prinsip ini dan jangan lupa untuk melibatkan Tuhan disetiap Langkah hidup yang kamu ambil. In syaa Allah apa yang kamu inginkan akan terwujud dan lebih berkah untuk kedepannya

referensi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline