Lihat ke Halaman Asli

Dilivio Raymans Ramadhan

Universitas Pendidikan Indonesia

Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Program Kampus Mengajar Angkatan 1

Diperbarui: 3 Oktober 2021   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Rekognisi UPI 2021

Halo sobat kompasiana

Indonesia sedang mengalami suatu fenomena dimana fenomena ini banyak melumpuhkan berbagai kegiatan dan mengubah kebiasaan yang seharusnya terus berjalan seperti pendidikan. Fenomena itu kita sebut Pandemi Covid-19 pandemi ini juga yang melanda di berbagai negara. Berbagai langkah ditempuh oleh Pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19. Pada sektor pendidikan, untuk melindungi generasi bangsa dari penularan Covid-19, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan penyelenggaraan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan).

Kemendikbud menciptakan sebuah program yaitu salah satunya Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Adapun ruang lingkup Program Kampus Mengajar Angkatan 1 ini mencakup pembelajaran di semua mata pelajaran yang berfokus literasi dan numerasi, adaptasi teknologi dan bantuan administrasi manajerial sekolah daerah 3T. Dengan adanya Program tersebut, diharapkan mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan karakter serta memiliki pengalaman belajar. Selain itu, melalui program ini diharapkan terjadi peningkatan efektivitas proses pembelajaran dalam kondisi darurat pandemi Covid-19.

Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 1 ini, mahasiswa memiliki kegiatan yang menjadi tanggung jawab dalam membantu kegiatan mengajar, adaptasi teknologi, dan administrasi. Adapun penjelasan mengenai rencana program kegiatan yang kami buat yaitu sebagai berikut :

1. Kegiatan Mengajar

  • Membantu guru dalam melakukan pembelajaran Daring (dalam jaringan) pada masa pandemic Covid-19
  • Menerapkan kegiatan pembelajaran dengan model Project Based Learning (PJBL)
  • Mensosialisasikan modul pembelajaran Literasi dan Numerasi
  • Mengintegrasikan pembelajaran berbasis profil pelajar pancasila yaitu, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong, kreatif, dan berkebinekaan global
  • Melakukan pembelajaran yang tidak mengandung unsur VANE (Violance/ Kekerasan, Abuse/ Penyalahgunaan, Neglect/ Penelantaran, Exploitation/ Esploitasi)

2. Adaptasi Teknologi

  • Membantu penerapan sistem pembelajaran 4.0 yang berbasis teknologi
  • Membantu guru dalam mengoperasikan berbagai aplikasi pembelajaran online, seperti: Google Classroom, Google Meet, Zoom Meeting
  • Membuatkan pelatihan kepada guru dalam mengoperasikan berbagai aplikasi pembelajaran online

KKN Rekognisi UPI 2021

3. Administrasi

  • Membantu pihak sekolah dalam mengkroscek data sekolah pada halaman data Kemendikbud
  • Membantu branding sekolah melalui media sosial seperti: Blog, Instagram, Facebook, Youtube, dan lain-lain. Branding sekolah ini bertujuan untuk mengenalkan sekolah kepada masyarakat umum yangmana sebelumnya belum pernah mengenal sekolah tersebut.

KKN Rekognisi UPI 2021

4. Donasi

Program Donasi ini ditujukan untuk sekolah yangmana nantinya akan digunakan sebaik mungkin selama pembelajaran kedepannya. Tujuan rencana program donasi ini yang paling utama adalah membangun dan membangkitkan rasa kepedulian. Donasi yang kami rencanakan berupa material, buku layak baca, buku pelajaran, dan alat tulis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline