Lihat ke Halaman Asli

Wisata Kuliner di Sekitar Pusdai Bandung

Diperbarui: 27 Maret 2024   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Bandung menjadi kota yang dituju oleh masyarakat untuk menjadi destinasi wisata. Apalagi Bandung dikenal dengan kota yang dingin dan sejuk membuat banyak orang ingin mengunjungi kota Bandung ini. Tidak hanya menjadi destinasi wisata alam saja, Bandung kini menjadi tempat wisata kuliner yang banyak dan beragam. Kuliner tersebut ada di berbagai tempat di Bandung salah satunya adalah kuliner di Jalan Pusdai. 

Masjid Pusdai adalah salah satu masjid besar yang ada di tengah kota Bandung. Namun, di sepanjang jalan Pusdai ini terdapat berbagai macam kuliner mulai dari minuman, makanan ringan hingga makanan berat. Apalagi saat ini adalam bulan suci ramadhan yang mana di tempat tersebut banyak orang yang berjualan teutama berjualan makanan untuk berbuka puasa seperti takjil. 

Di Pusdai ini terdapat berbagai macam makanan dan minuman yang dijual seperti es jeruk, donat, gorengan, surabi, es cendol, kue cubit, mochi, berbagai macam kue basah, kerak telor, cuanki, bakso dan masih banyak lagi. Kuliner tersebut dimulai dari harga Rp.5.000 sampai dengan Rp.25.000, jadi dengan harga terjangkau masyarakat dapat dengan nyaman berwisata kuliner di sekitaran Pusdai ini terutama ketika bulan ramadhan ini untuk membeli menu buka puasa seperti takjil. 

dok. pri

Pedagang disini pula tidak hanya berjualan di Pusdai saja, mereka pun berjualan di banyak tempat seperti pasar minggu Gasibu, di sekitaran rumah mereka atapun berjualan dari rumah seperti open pre-order. Dengan berjaulan di berbagai temapt tidak hanya satu saja membuat hasil penjualan mereka meningkat saat berjualan di pusdai apalagi di bulan suci ramadhan ini. Karena di bulan ramadhan ini orang-orang lebih banyak membeli makanan ringan sebagai menu untuk berbuka puasa, oleh karena itu Pusdai adalah salah satu rekomendasi tempat wisat kuliner di Bandung. 

Salah satu kuliner yang ada di sana adalah surabi yang dijual oleh seorang ibu-ibu yang sudah berjualan surabi ini lebih dari 5 tahun. Surabi ini memiliki banyak  varian toping yang berbeda seperti surabi kacang, surabi oncom, surabi messes, surabi telor ataupun surabi campuran. Harganya mulai dari Rp.5.000 sampai dengan Rp.10.000 saja sudah mendapatkan surabi yang lezat.

Akan tetapi, wisata kuliner di sekitar Pusdai ini memiliki kekurangan yaitu mereka berjualan di pinggir jalan yang membuat lalu lintas menjadi kurang kondusif karena bersatu dengan orang-orang yang sedang berwisata kuliner disitu. Disarankan untuk parkir di dalam masjid Pusadai karena tempat parkirnya luas dan tidak akan mengganggu orang-orang yang sedang berwisata kuliner itu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline