Lihat ke Halaman Asli

Berkenalan dengan Program Studi Ilmu Perpustakaan

Diperbarui: 12 Juni 2023   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pustakawan Ngapain Aja Sih? Cuma Nata Buku Kan? Atau..... (pustakawanjogja.blogspot.com)

Hollaa sandhy!! Bagaimana harimu? Semoga selalu bahagia yaa

Kali ini kita akan membahas sebuah program studi atau jurusan yang bagi kebanyakan orang samar pernah mendengarnya, yaitu ilmu perpustakaan. Tapi sebelumnya aku mau tanya nih. Pernah gak kalian main ke perpustakaan? Bagi yang pernah mungkin kalian akan melihat adanya sesosok makhluk yang tengah mendekam di balik mejanya dengan seperangkat komputer di hadapannya. Yaa siapalagi kalo bukan seseorang yang kerap disebut sebagai penjaga perpustakaan atau beberapa orang mungkin sudah mengenal istilah pustakawan.

Sebenernya tidak semua orang yang bekerja di perpustakaan dapat disebut sebagai pustakawan lohh. Seperti profesi dokter yang harus menempuh serangkaian pendidikan untuk mendapatkan gelarnya, seorang pustakawan juga harus menempuh pendidikan dan/atau pelatihan dalam bidang perpustakaan untuk dapat dijuluki sebagai pustakawan. Nah bidang ilmu yang harus dipelajari oleh pustakawan inilah yang disebut sebagai ilmu perpustakaan.

Lalu apa itu jurusan ilmu perpustakaan itu? Jurusan ilmu perpustakaan adalah jurusan yang mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola, dan mengomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti dokumen, buku, ataupun digital. Tidak hanya belajar bagaimana mengelola perpustakaan yang baik, di jurusan ini kita juga akan belajar bagaimana sistem pengarsipan hingga pengelolaan informasi. Jadi di jurusan ini, kita tidak hanya berkutat tentang cara menata buku saja seperti kelihatannya.

Jika kalian menganggap bahwa jurusan ini merupakan jurusan yang kuno, eitsss coba cari tahu lagi deh. Perpustakaan kini tidak hanya berbentuk fisik, melainkan telah banyak pula perpustakaan-perpustakaan digital yang dikembangkan untuk bisa diakses 24 jam tanpa harus datang ke gedung perpustakaan. Nahhh untuk bisa mengembangkan perpustakaan digital ini tentu saja di jurusan ilmu perpustakaan ini kita juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang teknologi informasi. Jadi bagi kalian yang tertarik dengan teknologi, khususnya di bidang perpustakaan dan informasi, bisa banget nih masuk ke jurusan ilmu perpustakaan.

Jika kalian khawatir apabila masuk ke jurusan ini akan berakhir di perpustakaan saja, sini biar kuberi tahu sesuatu. Prospek kerja bagi lulusan ilmu perpustakaan terbuka luas lohh! Tidak hanya di perpustakaan, kalian juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan atau instansi-instansi lain lohh. Kok bisa? 

Setiap perusahaan atau intansi pasti menghasilkan dokumen dan informasi, maka dari itu mereka akan membutuhkan seseorang yang dapat mengelola dokumen dan informasi tersebut. Nah kabar baiknya, lulusan ilmu perpustakaan dibekali dengan spesifikasi tersebut, sehingga kalian tak perlu khawatir akan memiliki pilihan pekerjaan yang terbatas.

Oiya bagi yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jurusan ilmu perpustakaan, sudah banyak perguruan tinggi yang membuka program studi ini loh. Salah satu perguruan tinggi yang memiliki program studi ilmu perpustakaan ini adalah Universitas Diponegoro. Apabila kalian ingin cari tahu lebih lanjut tentang program studi ilmu perpustakaan di universitas yang berlokasi di ibukota Jawa Tengah ini, kalian bisa mampir ke websitenya (https://ilpus.fib.undip.ac.id).

Nahh segitu dulu perkenalan singkat tentang jurusan ilmu perpustakaan. Semoga tulisan ini dapat membuatmu lebih mengenal serta mengurangi keraguanmu untuk memilih jurusan ini. Sampai jumpa lagi;)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline