Lihat ke Halaman Asli

Prekursor Lysergic Acid

Diperbarui: 31 Mei 2023   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Prekursor adalah zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang dapat digunakan dalam pembuatan Narkotika dan Psikotropika. Prekursor Farmasi adalah zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang dapat digunakan sebagai bahan baku/penolong untuk keperluan proses produksi industri farmasi atau produk antara, produk ruahan dan produk jadi yang mengandung efedrin, pseudoefedrin, norefedrin/fenilpropanolamin, ergotamine, ergometrin, atau potassium permanganat.

Berdasarkan PP No. 44 Tahun 2010, meningkatnya penyalahgunaan Narkotika dan Psikotropika maupun Prekursor sebagai salah satu zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi Narkotika dan Psikotropika secara gelap. Menjadi ancaman yang sangat serius yang dapat menimbulkan gangguan bagi kesehatan, instabilitas ekonomi, gangguan keamanan, serta kejahatan Internasional. Dalam upaya melakukan pengendalian dan pengawasan serta penanggulangan penyalahgunaan Prekursor karena menyangkut tugas dan fungsi berbagai sektor terkait diperlukan adanya suatu Peraturan Pemerintah yang menata secara menyeluruh pengaturan Prekursor.

Lysergic acid diethylamide (LSD) adalah halusinogen klasik yang awalnya disintesis oleh Albert Hoffman. Dia tidak sengaja meramu obat saat membuat zat eksperimental dari ergot untuk membuat stimulan peredaran darah dan pernapasan.  Lysergic acid digunakan untuk mengatasi gangguan depresif (fobia konversi), neurosis, manik-depresi, dan depresi reaktif, siklotimik (obsesi) dan kecanduan penyimpangan seksual kompulsif pasif-agresif (obsesi), gangguan psikoneurotik, campuran, pan-neurotisisme (termasuk skizofrenia), batas atau gangguan kepribadian dan laten (terutama situasional sementara).

POTENSI DAN DAMPAK PENYALAHGUNAAN LYSERGIC ACID (LSD)

LSD berpotensi untuk disalahgunakan bukan sebagai terapi namun sebagai doping dimana efek samping positif LSD adalah dapat memberikan good trip pada pengguna. Penggunaan LSD dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan dan perubahan perilaku, efek samping flashback yang tidak terkendali, terbaliknya efek good trip menjadi bad trip hingga terjadinya gonadotoksin.

DAFTAR PUSTAKA

  •  Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2010 tentang Prekursor. Departemen Kesehatan Republik Indonesia; Jakarta. 
  • National Center for Biotechnology Information. 2023. PubChem Compound Summary for CID 6717. Accessed March 10, 2023 from https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/lysergic-acid.
  • Hwang KAJ, Saadabadi A. Lysergic Acid Diethylamide (LSD). In: StatPearls. StatPearls Publishing, Treasure Island (FL); 2021. PMID: 29494014.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline