Lihat ke Halaman Asli

Diky Al Khalidy

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Melakukan Pelatihan Pengembangan Media Virtual Reality untuk Meningkatkan Immersive Learning di SMAN 4 Madiun

Diperbarui: 19 Juli 2024   20:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Pengabdian, 2024

Madiun -- Jawa Timur. Selasa, 16 Juli 2024, Tim pengabdian Geografi Universitas Negeri Malang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SMAN 4 Madiun dengan tema "Pelatihan Pengembangan Media Virtual Reality untuk Meningkatkan Immersive Learning". Kegiatan ini diikuti oleh guru dari berbagai mata pelajaran bidang sosial, seperti geografi, sejarah, ekonomi, dan antropologi.

Kegiatan ini diketuai oleh Diky Al Khalidy, dengan anggota Aizul Haswin, Akbar Fatahillah Faqih, Lintang Deni Laksana, Silvia Angelina, Candrika Maharani, dan Dosen Pembimbing yaitu Alfyananda Kurnia Putra, S.Pd., M.Pd dan Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi tiga bagian untuk memberikan pemahaman dan pengalaman tentang penggunaan dan pengembangan media Virtual Reality (VR) sebagai media pembelajaran.

Sesi pertama dimulai dengan penyampaian materi tentang Virtual Reality. Pemateri menyampaikan materi tentang konsep dasar VR, pemanfaatan dalam proses pembelajaran, dan bagaimana VR dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa. 

Antusiasme ditunjukkan oleh guru melalui diskusi dengan pemateri. Selain itu, pemateri juga menunjukkan beberapa contoh VR yang telah tersedia di internet dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Peserta juga diberikan kesempatan untuk menggunakan head-mounted display, yaitu kacamata virtual agar mendapatkan pengalaman imersif.

Tim Pengabdian, 2024

Setelah mendapatkan pemahaman dasar tentang VR, sesi kedua berfokus pada cara memperoleh gambar 360 derajat menggunakan kamera khusus, yaitu Insta360 One X2. Para peserta diberikan pemahaman tentang cara pengambilan foto, termasuk cara mengatur kamera. 

Praktik secara langsung memungkinkan para guru untuk mengaplikasikan teori yang telah didapatkan dan dipelajari, sehingga dapat menghasilkan foto 360 sebagai media pembelajaran. 

Para guru mengambil foto lapangan di sekitar sekolah, seperti halaman depan, lapangan basket, lapangan utama, fasilitas sekolah, dan sebagainya. Setelah itu, guru mulai melakukan ekspor foto, dengan output berupa foto 360.

Tim Pengabdian, 2024

Bagian terakhir dari pelatihan ini yaitu bagaimana cara mengembangkan media Virtual Reality berdasarkan gambar yang telah diperoleh. Para guru belajar tentang perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan menyatukan gambar 360 derajat menjadi sebuah konten VR yang utuh. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline