Lihat ke Halaman Asli

Dike Farid Demanto

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Kebudayaan di Lingkungan Masyarakat

Diperbarui: 2 Januari 2023   23:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KEBUDAYAAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT

Dike Farid Demanto, Novianty Djafri

Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo

Abstrak

Dalam penulisan artikel ini dimaksudkan agar pembaca dapat menambahkan wawasan melalui pembacaan artikel dan dalam pemenuhan tugas mata kuliah Wawasan Budaya Nusantara sebagai tugas akhir. Penulisan artikel ini memakai metode penelitian kajian pustaka yang dimana di susun dari berbagai sumber literatur seperti media elektronik, jurnal akademik dan buku–buku yang terkait kebudayaan di lingkungan masyarakat. Meliputi pengertian kebudayaan di lingkungan masyarakat, unsur budaya, sifat kebudayaan, serta perubahan budaya di lingkungan masyarakat.

Kata Kunci : masyarakat, lingkungan, sosial.

PENDAHULUAN

Kebudayaan lingkungan masyarakat sama dengan lingkungan hidup yang dimana aktivitas terkait dengan lingkungan soisial sekitar sehingga akan tumbuh adanya kebudayaan pada lingkungan masyarakat tersebut. Lingkungan sosial budaya tidak pernah lepas dari pemahaman tentang lingkungan hidup dan perilaku-perilaku manusia. Pemahaman lingkungan hidup juga tidak akan pernah lepas dari pemahaman tentang kehidupan. Semakin banyak hal sosial yang diketahui akan semkin banyak terbentuknya kebudayaan-kebudayaan di dalam lingkungan masyarakat.

Secara umum bahwa kebudayaan merupakan unsur penting dalam sebuah proses pembentukan kebudayaan di lingkungan masyarakat karena akan dapat membentuk watak dan kepribadian yang lebih serasi dengan perubahan zaman. Masyarakat dan lingkungan sosial membawa perubahan sikap dan nilai-nilai budaya yang sudah ada maka akan terjadi perubahan-perubahan sistem nilai budaya dalam hubungan interaksi sosial di dalam lingkungan masyarakat.

METODE

Dalam penyusunan artikel ini dibuat dengan metode kajian pustaka dengan melakukan penelusuran pustaka serta pencarian sumber-sumber yang relevan dan pencarian data melalui internet. Informasi yang digunakan yaitu dari berbagai skripsi, media elektronik, dan beberapa pustaka yang relevan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline