Lihat ke Halaman Asli

Majelis Dikdasmen dan PNF DIY

Majelis Dikdasmen dan Pendidikan Nonformal D.I. Yogyakarta

Muhammadiyah DIY, Pusat Keunggulan Sekolah Muhammadiyah

Diperbarui: 24 Mei 2023   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumentasi Dikdasmen-PNF PWM DIY)

Majelis Dikdasmen dan Pendidikan Non Formal PWM D.I. Yogyakarta menggelar Rapat Dinas SMA/SMK/MA/SLB pada Rabu, (24/05/2023). Kegiatan ini berlangsung di Aula PWM DIY. Rapat Dinas tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA/SMK/ MA/SLB di lingkungan D.I. Yogyakarta.

Sekretaris Majelis Dikdasmen-PNF PWM DIY, Fathur Rahman, M.Si., menyampaikan sambutan terkait kerja-kerja Majelis terhadap peserta rapat dinas. Termasuk di dalamnya soal penilaian akhir tahun, distribusi soal, dan pembentukan tim khusus guna membina akhlak siswa.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris PWM DIY, Arif Jamali Muis, M.Pd., menyampaikan arti penting sekolah Muhammadiyah sebagai ujung tombak kaderisasi Peryarikatan. Hal ini dapat dinilai dari 80% warga PWM DIY merupakan alumni sekolah Muhammadiyah, hal tersebut kemudian menjadi penegas bahwa sekolah Muhammadiyah merupakan lumbung penghasil kader yang paling dominan.

Arif Jamali turut menerangkan pesan dari Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., bahwa energi besar PWM DIY mesti diarahkan pada dua hal utama, yakni proses ideologisasi dan pembentukan sekolah/madrasah Muhammadiyah yang lebih unggul dibandingkan sekolah-sekolah Muhammadiyah di wilayah lain.

Sebagai bagian dari ikhtiar menuju proses ideologisasi di sekolah Muhammadiyah, Arif Jamali menyarankan agar sekolah Muhammadiyah dapat memfasilitasi lulusanya untuk memiliki NBM (Nomor Baku Muhammadiyah). Kemudian sekolah harus senantiasa aktif melangsungkan workshop serta menyusun indikator model sekolah Berkemajuan yang melibatkan PWM, Majelis Dikdasmen, dan Kepala Sekolah/Guru, serta menyebarluaskan publikasi dan berita baik terkait prestasi serta kegiatan sekolah-sekolah Muhammadiyah di DIY. (syq)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline