Lihat ke Halaman Asli

Dika Mato

Tetap semangat senajan mong wong biasa

Kegunaan Manajemen Strategi bagi Pasar Tradisonal

Diperbarui: 5 April 2021   05:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Dika Ma’ruf Taqwanto

Universitas Alma Ata

182200209

Pasar Tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar. Memang di masa modern ini pasar tradisonal tidak menjadi relatif utama bagi pedagang namun pasar tradisonal itu masih ada dan sering kita temui apalagi bagi kalangan pedesaan pasar tradisonal itu sangatlah familiar.

Nah dalam menentukan keberhasil dalam berdagang di pasar tradisonal kita sangat membutuhkan manajemen strategi.Menurut Nawawi, pengertian manajemen strategi adalah sebuah perencanaan berskala besar yang berorientasi untuk mencapai masa depan yang jauh, dan didefinisikan sebagai keputusan pemimpin tertinggi yang fundamental dan pokok. Menurut Mulyadi, pengertian manajemen strategi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh manajer dan pegawai untuk merumuskan dan melaksanakan strategi dalam penyediaan customer value terbaik untuk mewujudkan visi organisasi.

Mamang ketika kita menggunakan sistem manajemen strategi itu tidak seratus persen berhasil dalam melakukan perdagangan di pasar tradisional,tetapi hal ini dapat menambah persentase kita dalam mendapatkan keberhasilan dan juga kita dapat mengambil pelajaran ketika kita melakuakan kesalahan untuk digunakan memperbaiki kesalahan tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline