Lihat ke Halaman Asli

UNNES GIAT 9 DESA TLOGOTIRTO

Universitas Negeri Semarang

Super Seru! Mahasiswa KKN UNNES Adakan Lomba Melukis Tong Sampah Daur Ulang untuk Ibu-ibu PKK Desa Tlogotirto

Diperbarui: 13 Agustus 2024   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses Penggambaran Ember Cat Bekas (Dokumentasi Pribadi)

Grobogan---Untuk memanfaatkan sampah daur ulang, mahasiswa KKN Unnes berinisiasi mengadakan lomba melukis ember bekas cat menjadi tong sampah daur ulang yang menarik. Dengan tema "Keindahan dan Kebersihan Lingkungan Alam Tlogotirto Dukung Keluarga Sehat", acara ini dipartisipasi oleh ibu-ibu PKK Desa Tlogotirto yang dilaksanakan di Lapangan Kuda Sakti pada hari Senin tanggal 12 Agustus 2024.

Dalam rangka memeriahkan 17-an Agustus, mahasiswa KKN Unnes menggandeng tim PKK Desa Tlogotirto mengadakan lomba melukis ember cat bekas dari sisa pembangunan balai desa baru Desa Tlogotirto. Ember bekas cat yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan menjadi tong sampah yang berguna sekaligus menarik perhatian. Hal ini dikarenakan kreativitas ibu-ibu PKK Desa Tlogotirto yang sudah tidak diragukan lagi.

Dari 6 dusun yang ada di Desa Tlogotirto, 3 orang perwakilan dari tiap dusun sangat semangat untuk mengikuti kegiatan ini. Hal ini tampak dari persiapan mereka yang sudah menyiapkan desain dari sebelum hari pelaksanaan acara. Selain desain yang beragam ibu-ibu PKK juga menyiapkan yel-yel yang meriah.

Lomba ini dimulai dengan menampilkan yel-yel dari masing-masing dusun. Lalu, ibu-ibu dipersilahkan untuk mulai menggambar pada ember yang sudah dibagikan panitia. Kemudian, ibu-ibu diberi waktu selama 70 menit untuk melukis pada desain yang sudah mereka gambar. Tim dari setiap dusun terlihat kompak dalam bekerja sama menyulap ember bekas cat menjadi tong sampah yang menarik dan penuh warna. Gambar yang dilukis seperti bunga, bendera, bumi, serta tulisan tulisan persuasif yang mengajak untuk menjaga lingkungan.

Tong sampah daur ulang hasil lukisan ibu-ibu PKK (Dokumentasi Pribadi)

Tim Giat 9 Unnes Desa Tlogotirto menyiapkan 6 hadiah untuk seluruh partisipan dalam kegiatan ini sebagai apresiasi terhadap karya yang telah dibuat ibu-ibu PKK. Juara 1,2,3 serta Juara Harapan 1,2,3 diraih oleh Dusun Tanjungsari, Dusun Madoh, Dusun Ngrejeng, Dusun Tawang, Dusun Sambong, dan Dusun Jembar secara berurutan. Hasil akhir ini berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Ibu Ketua PKK Desa Tlogotirto, Ibu Indri, bersama dengan 2 mahasiswa Unnes Giat 9 sebagai juri.

Acara ini berlangsung dengan lancar dan mengasyikan. Ditutup dengan senam bersama, ibu-ibu PKK terlihat masih semangat setelah melukis tong sampah daur ulang.  PKK Tlogotirto sangat mendukung program ini sebagai bentuk dukungan Gerakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang direncanakan oleh Tim Unnes Giat 9 Desa Tlogotirto.

Hasil tong sampah daur ulang ini akan didistribusikan ke TK, Paud, dan Madrasah di Desa Tlogotirto. Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu upaya untuk memanfaatkan sampah yang masih bisa di daur ulang menjadi barang layak guna seperti tong sampah untuk menampung sampah sesuai tempatnya.

Foto bersama ibu-ibu PKK (Dokumentasi Pribadi)

Written by: Happy Andita Putri dan Meci Aryani Saputri 

(Unnes Giat 9 Desa Tlogotirto)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline