Lihat ke Halaman Asli

Proses Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas 11 Pembelajaran Seni Budaya dalam Materi Ansambel Sederhana

Diperbarui: 13 Desember 2022   22:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penulis

Dika Anung Rahmanto, S.Pd

Tanggal 

3 Januari 2021

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah.
Proses kegiatan pembelajaran sering muncul
berbagai permasalahan salah satun ialah motivasi belajar peserta
didik rendah pada mata pelajaran praktik seni tari.
Permasalahan tersebut terjadi karena faktor dari
peserta didik itu sendiri dan juga guru. Dari peserta
didik dapat disebabkan :

  • Merasa tidak memiliki bakat
  • Merasa bosan dalam pembelajaran
  • Malu untuk mengungkapkan pendapat
  • Malu dalam menunjukan karya
  • Malas mengerjakan tugas yang berikan guru
  • Ingin pembelajaran cepat selesai dan segera
    pulang
  • Kurangnya perhatian dari orang tua

Sedangkan dari faktor guru karena
media yang digunakan kurang menarik, monoton,
dan kurang kreatif. Praktik ini penting untuk
dibagikan karena dapat dijadikan sebagai acuan
dalam perbaikan kegiatan pembelajaran berikutnya.
Selain itu juga untuk memotivasi diri saya sendiri
serta dapat menginspirasi rekan guru yang lain.
Sebagai seorang guru, saya mempunyai peran dan
tanggung jawab yang sangat penting bukan hanya
memberikan materi saja melainkan lebih dari itu
yaitu membimbing dan mengarahkan peserta didik
agar menjadi manusia yang cerdas, berkarakter, dan
berguna bagi sesama. Agar semua itu dapat tercapai
maka penulis melakukan proses pembelajaran
secara efektif dengan menggunakan media dan
model pembelajaran yang tepat serta inovatif
sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar
peserta didik dapat tercapai sesuai harapan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Dari hasil literatur dan wawancara teman sejawat diketahui bahwa penyebab rendahnya motivasi belajar peserta didik antara lain

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline