Lihat ke Halaman Asli

Iwan

Ketua RW periode 2016 - 2026

Nietzsche: Tuhan Telah Mati (Tulisan ke 125)

Diperbarui: 14 Oktober 2024   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ketika segala sesuatunya di alam semesta ini telah diatur kenyataannya oleh Tuhan semesta alam dan apa yang kita lakukan adalah jalan sejarah sebab segala apa yang kita lakukan adalah hal yang telah tertulis.

Ketika petunjuk terakhir (wahyu) telah diturunkan,mukjizat terkhir telah diberikan, seluruh alat bantu menghadapi kenyataan hidup telah diberikan, pola geometri permainan yang dihadapi telah digambarkan. maka saat ini "Tuhan telah mati."

Tuhan saat ini telah menyerahkan seluruh aturan hidup tentang bagaimana manusia sebagai Khalifah di muka bumi ini berbuat dengan perangkat akal yang telah diberikan, hingga mampu menganalisa banyak hal yang dihadapi dalam kehidupan ini.

"Tuhan telah mati" sebab seluruh penjelasan jalan menuju kebahagiaan, telah diberikan kepada manusia, segala hal tentang apa yang layak manusia lakukan telah diberitakan.

Tuhan sekarang ini sedang menunggu hasil perolehan pemahaman manusia atas segala petunjuk yang telah diberikan dan ketika manusia gagal memahami  petunjuk tersbut, Tuhan hanya akan mengirimkan Dajjal, Al Mahdi dan Al Masih untuk menyelesaikan alur sejarah dunia ini, sebab kehadiran mereka adalah tanda bahwa manusia gagal untuk berpikir.

Wallahu'alam

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline