Lihat ke Halaman Asli

Ad Network di Indonesia

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perusahaan Ad Network memfasilitasi pemasangan banner iklan dari advertiser (pemasang iklan) di halaman website para publisher (pemilik website) yang masuk dalam jaringan advertising mereka. Hal ini memungkinkan para advertiser menayangkan banner iklan mereka di banyak website sehingga menjangkau lebih banyak audien.

Selain hal diatas, perusahaan Ad Network juga menawarkan kemampuan targeting, yaitu kemampuan mengatur kemunculan iklan pada audien yang ditargetkan, baik berdasar preferensi, perilaku browsing, letak geografis, usia, jenis kelamin dll. dengan cara ini peluang tersampaikannya sebuah banner iklan kepada audiens yang relevan menjadi lebih besar, dan juga menghindari ketidak efisienan kemunculan iklan.

Ad Network di indonesia sendiri belum begitu banyak, kebanyakan dari nama yang ada adalah perusahaan asing yang bermain di wilayah regional Asia.

ADPLUS adalah salah satu ad network yang 100% dari Indonesia, memfokuskan pada pasar lokal Indonesia, dan melayani penempatan iklan baik di media web maupun mobile. Perkembangan ADPLUS tergolong pesat, dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan mereka mampu memunculkan iklan hingga 150 juta impression perbulan. Impression adalah seberapa sering iklan muncul di halaman website.

Bisnis Ad Network di Indonesia sendiri diperkirakan akan semakin tumbuh. Semakin familiarnya masyarakat Indonesia terhadap penggunaan internet, membuat potensi belanja iklan di internet oleh para advertiser semakin meningkat. Di tahun 2010, Berdasarkan data Depkominfo jumlah pengguna internet di Indonesia adalah 45 juta, atau sekitar 17% dari jumlah populasi di Indonesia. Angka ini diyakini akan terus meningkat, dan dipastikan para Advertiser akan semakin melirik internet sebagai media beriklan yang menggiurkan.

Beberapa kriteria Ad Network yang bagus adalah seperti berikut:


  1. Para publisher dalam jaringannya merupakan website-website yang traffic pengunjungnya tinggi, memiliki konten yang secure dan juga berkualitas.
  2. Mampu melakukan optimisasi untuk mensukseskan sebuah campaign.
  3. Memiliki kemampuan teknologi targeting yang akurat. Kemampuan targeting yang minimal harus dimiliki antara lain, berdasarkan waktu, lokasi, behaviour, contextual (keywords), dan retargeting (remarketing)
  4. Menawarkan layanan customer yang baik. Misalkan, memberikan respon yang tanggap untuk setiap request dari customer. Dengan memiliki tim yang berada di indonesia, sebuah adnetwork akan bisa melayani permintaan klien sesegera mungkin.
  5. Memiliki sales team yang professional yang bisa menjadi konsultan bagi para customernya.
  6. Dapat menjembatani sebuah campaign bukan hanya di online namun juga di mobile.

Di Indonesia sendiri belanja iklan di internet oleh para advertiser masih berkisar di angka 3 hingga 4 persen dari total anggaran belanja iklan mereka. Walaupun kecil angka ini terus merambat naik beberapa tahun terakhir. Semakin besarnya penetrasi internet di Indonesia akan membuat internet menjadi media yang menjanjikan untuk beriklan. ditambah lagi dengan budaya berinternet yang semakin ke depan akan semakin menguat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline