Lihat ke Halaman Asli

Sahabat Sehat

Akun yang berisikan artikel-artikel cara hidup sehat

5 Penyebab Sariawan, Apa Saja Ya?

Diperbarui: 3 November 2021   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: www.republika.co.id

Sariwan merupakan penyakit mulut yang sudah tidak asing lagi.  Berbagai kalangan mulai dari balita, remaja, orang tua, maupun lanjut usia tentu pernah mengalami penyakit tersebut. Efek dari sariawan itu sendiri ialah bisa menyebabkan para penderitanya tidak nafsu makan dan mulut terasa perih. Untuk itu, mari simak beberapa faktor penyebab timbulnya sariawan, antara lain :

1. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Ketika anda menyikat gigi terlalu keras, hal tersebut tidak membuat gigi anda menjadi lebih putih atau bersih. Namun, ternyata dapat menyebabkan sariawan. Menggosok gigi terlalu keras, dengan bulu sikat gigi yang kasar, dapat membuat luka atau iritasi pada gusi atau permukaan rongga mulut, luka tersebut menyebabkan sariawan.

2. Luka tergigit

Ketika kita tidak sengaja menggigit bibir, maka akan menimbulkan luka pada bibir. Luka pada bibir juga dapat disebabkan tertusuk duri ikan, tusuk gigi, atau alat makan lainnya.

3. Suka Mengonsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas yang berlebihan dapat meningkatkan suhu panas pada tubuh anda. Akumulasi panas tersebut yang akan menyebakan sariawan.

4. Iritasi Kulit atau Infeksi Jamur

Sariawan juga dapat disebabkan infeksi jamur, bakteri di mulut atau bagian tubuh lain. Hal tersebut disebabkan kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline