Lihat ke Halaman Asli

Upaya untuk Meningkatkan Keberdayaan Ekonomi Pengrajin Arang Kayu Desa Dawuhan Kec. Grujugan Kab. Bondowoso

Diperbarui: 17 Juli 2024   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : google maps

Desa Dawuhan, merupakan salah satu desa di Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso. Lokasi desa Dawuhan, sekitar 35 km dari kota jember, dan dapat dicapai dalam waktu sekitar 53 menit, denah/peta  desa Wonosari dapat diihat seperti pada gambar 1. Secara garis besar mata pencaharian penduduk di desa tersebut didominasi pada bidang pertanian (80 %) kemudian disusul dengan bidang perdagangan, konstruksi, kerajinan, angkutan dan lainnya ( BPS Kabupaten Bondowoso, 2021). 

Gambar. Lokasi Desa Dawuhan Kec. Grujugan Kab. Bondowoso

Di desa Dawuhan terdapat sejumlah UMKM pembuat arang kayu. Berdasarkan survey yang sudah dilakukan, salah satu pembuat arang kayu bernama P.Sahawi  ( Mitra UMKM pengabdian ) berusia sekitar 45 tahun.  Alat produksi yang digunakan P.Sahawi untuk membuat arang kayu masih sederhana yaitu menggunakan tungku yang terbuat dari bata merah dan tanah liat.

sumber : dok.pribadi

Gambar. Tungku pembuat arang kayu

Ukuran arang  yang diproduksi yang diproduksi  Mitra UMKM di desa ini biasanya digolongkan menjadi tiga A, B dan C. Ukuran golongan A untuk ukuran yang besar, golongan B untuk ukuran yang kecil ( kira-kira 3 cm ) dan golongan C berbentuk lebih kecil  dari 3 cm. Harga arang kayu untuk golongan A  adalah Rp. 3.000 per kg, golongan B adalah Rp. 1.500 per kg , sedangkan untuk golongan C biasanya dibuang. Dalam sekali proses produksi  arang kayu golongan B dan C ini cukup banyak, bahkan mencapai sekitar 30 % dari total produksi. Satu proses produksi arang kayu, UMKM milik P.. Sahawi ini memerlukan sekitar 1000 kg kayu basah, setelah dibakar dalam tungku selama 6 hari dan 2 hari pendinginan akan menghasilkan sekitar270 kg arang kayu golongan A, 85 kg golongan B dan sekitar 45 kg golongan C.

sumber: dok.pribadi

arang golongan A

sumber : dok.pribadi

arang golongan B

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline