Lihat ke Halaman Asli

Digitalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah di Kelurahan Karanganyar, Subang

Diperbarui: 4 Agustus 2022   13:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

contoh pemasaran di media sosial, dok. pribadi

Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Pendidikan Indonesia dilaksanakan secara daring dengan tema yang beragam. Sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar melakukan kegiatan KKN dengan tema Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata. Kegiatan KKN ini dilaksankan dari tanggal 11 Juli hingga 10 Agustus untuk melaksanakan program kerja yang telah dibuat sesuai dengan tema.

Kegiatan KKN ini dimulai dengan melakukan survey dan observasi untuk mencari UMKM di lingkungan sekitar, lalu membuat surat-surat perijinan untuk diserahkan kepada pihak kelurahan dan kampus, selanjutkan membuat program  kerja sesuai dengan  tema dan kebutuhan pelaku UMKM yang telah dipilih, lalu menjalankan program-program tersebut hingga tuntas.

Beberapa program kerja telah dilakukan salah satunya yaitu digitalisasi pemasaran produk. Sasaran kegiatan ini yaitu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah rumahan yang membutuhan bantuan berupa pendigitalisasian pemasaran produknya. Dengan membantu memasarkan produk di beberapa sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan WhatsApp.

UMKM yang menjadi sasaran  dalam kegiatan ini yaitu Rempeyek D&F, yang berlokasi di Kelurahan Karanganyar, Subang. Usaha rumahan ini menjual beberapa makanan khas Jawa Barat, seperti rempeyek, kembang goyang, rengginang, opak, dan kerupuk Cianjur. UMKM ini masih berjalan secara kecil-kecilan dan tersebar hanya melalui mulut ke mulut. Hal itu yang menjadi alasan dalam memilih program kerja digitalisasi UMKM ini.

Digitalisasi ini sudah digalakan dengan membuat beberapa akun media sosial untuk memperluas pemasaran. Akun Instagram @rempeyekdnf  yang kini sudah memiliki pengikut lebih dari 1000 telah aktif di Instagram, untuk media sosial lainnya masih dalam proses pengembangan. Dalam pemasaran berbasis digital ini kami membuat beberapa video atau foto produk dan testimoni untuk diposting di media sosial.

Testimoni/ dok. pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline