Lihat ke Halaman Asli

khiffatul hasanah

mahasiswa angkatan 2019.

Pendidikan Daring Merupakan Pendidikan Masa Depan

Diperbarui: 27 Juni 2022   15:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan daring merupakan pendidikan masa depan. Manusia mengembangkan teknologi agar membuat segala aktivitasnya menjadi efektif dan efisien, tak terkecuali aktivitas pendidikan. Mungkin untuk saat ini, aktivitas pendidikan secara daring masih terkendala berbagai macam hal. 

Akan tetapi, suatu saat nanti waktu akan menjawab hal tersebut. Bukti pendidikan daring merupakan pendidikan masa depan adalah mulai munculnya kampus-kampus yang menyelenggarakan kuliah daring. Ditambah pandemi covid-19 menjadi booster bahwa teknologi sangat bermanfaat dalam pendidikan. Walaupun masih terdapat banyak kekurangan. Akan tetapi, suatu saat nanti pasti kekurangan tersebut dapat teratasi. Satu hal yang tidak bisa dihindari, yaitu perkembangan zaman. Kalo kata ilmuwan, manusia itu cuma punya 2 pilihan, beradaptasi atau punah. Dan kebanyakan masih percaya akan hal tersebut.

Dibuktikan pendidikan via daring akan benar-benar bisa mengantikkan pendidikan tradisional yang telah berlangsung sejak lama tapi ada suatu hal yang dapat dipastikan bahwa pembelajaran daring akan menjadi normal atau standar baru kedepannya serta akan menjadi suatu bagian industrialisasi pendidikan. Bila ditilik, manfaat pembelajaran daring ada beberapa :

-Kemudahan dan Aksesbilitas : Dengan dukungan teknologi yang masuk saat ini, salah satu paling berpengaruh adalah aksesbilitas sehingga kualitas aksesbilitas pembelajaran apa pun itu dapat di akses oleh pembelajar di seluruh dunia. dengan adanya teknologi akan memberi kemudahan belajar dimanapun dan kapanpun.

-Analisis : Pendidik akan dimudahkan dengan teknologi saat ini karena dapat mengakses semua jenis data dari siswa. Mulai dari perhatian siswa, kehadiran, area problem yang dimiliki, daya ingat dan minat dari peserta didik. semua data tersebut akan dapat membantu pendidik untuk menyesuaikan kurikulum mereka sehingga dapat menyediakan pengalaman belajar yang baik dan efektif. teknologi juga dapat membantu memberi inovasi kedalam data visual dan audio.

-Visualisasi : Dengan adanya berbagai macam teknologi seperti misalnya animasi, VR dan AR. Konsep mata pelajaran akan dapat divisualisasikan dengan cara yang jauh lebih efektif sehingga diharapkan peserta didik akan paham secara efektif.

-Gamifikasi : salah manfaat teknologi lainnya adalah gamifikasi sehingga dapat membantu membuat kurikulum lebih mudah. hal ini memungkinkan mendorong peserta didik untuk belajar lebih baik lagi karena dianggap bukan suatu beban lagi bahkan pekerjaan rumah.

-Skenario dunia nyata : Teknologi akan memungkinkan untuk adanya interaksi peserta didik dengan dunia nyata tidak hanya dengan unsur cerita saja akan tetapi dibantu dengan semua pengalaman dari VR dan AR untuk membantu pendidikan.

Namun bagi beberapa orang pendidikan Daring ini merupakan pendidikan pilihan, karena masih banyak aspek maupun matakuliah yang belum dapat dilakukan secara Daring, namun pendidikan Daring akan menunjang terhadap manajemen waktu dimasa yang akan datang. Karena pendidikan Daring dapat dijalankan dengan berbagai kondisi, baik itu kondisi dengan bekerja, pasca lahiran, keterbatasan jarak dan biaya ataupun kondisi yang didukung baiknya dalam keadaan virtual membuat kita tetap bisa menempuh pendidikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline