Lihat ke Halaman Asli

Dien Fitria NR

Mahasiswi Jurnalistik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Akhlak Sebagai Kunci Kesuksesan

Diperbarui: 14 November 2023   13:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Akhlak merupakan pokok utama, fondasi, dan penyangga kepribadian muslim. Seorang muslim yang berakhlak tentu ia sudah menanamkan jiwa akidah yang kokoh dalam dirinya. Akidah dan akhlak merupakan sebuah keterikatan yaitu akidah sebagai keyakinan dan akhlak sebagai perbuatan. Hubungan antara keduanya yaitu hubungan antara iman dan amal saleh. Substansi akidah tersimpul pada kalimat la ilaha illa Alloh, yakni tidak ada Ilah selain Alloh. Kalimat tersebut melahirkan keyakinan bahwa tidak ada yang wajib diibadati kecuali kepada Alloh SWT. 

Seorang muslim yang sudah tertanam kokoh akidah dan akhlaknya akan membentuk sebuah karakter yang berkualitas dalam dirinya. Ia akan memiliki tujuan hidup yang jelas, keteguhan hati, istiqomah, tidak mudah putus asa, dan mampu mengendalikan diri dari hal yang mampu menggoyahkan imannya. Orang yang memiliki tujuan hidup akan lebih mudah menjalani hidup, memiliki makna hidup, dan hidup menjadi lebih bermakna. Selain itu akan tercipta pula pola hidup yang seimbang antara kehidupan di dunia dan akhirat serta memegang teguh prinsip bahwa "Hidup kita seluruhnya merupakan ibadah dan perjuangan". 

Mengapa seorang muslim yang berakhlak dijadikan sebagai kunci kesuksesan? Tentu saja, karena manusia terbaik adalah manusia yang berakhlak mulia dan yang paling banyak memberikan manfaat kepada sesama manusia. Seorang muslim yang berakhlak akan mempunyai pemikiran bahwa apa yang ia punya adalah milik Alloh,rezeki yang ia dapat adalah dari Alloh, dan ia percaya bahwa kenikmatan dunia itu hanya sementara dan seluruhnya merupakan ibadah kepada Alloh. Maka dari itu, seorang yang berakhlak akan berpegang kepada prinsip bahwa hidup itu ibadah, maka mengahadapi tantangan, rintangan, dan godaan dalam menjalani hidup itu merupakan perjuangan agar ibadah kita lebih baik, benar, dan mendapat Ridha Alloh SWT. 

Selain mempunyai akhlak yang baik untuk individu, kita juga harus mempunyai akhlak sosial. Akhlak sosial itu merupakan sifat dan keadaan jiwa setiap pribadi yang melahirkan sikap dan tindakan individu tersebut terhadap sesama manusia, alam, dan lingkungan hidup. Akhlak individu yang baik akan melahirkan kesalehan individu, dan akhlak sosial yang baik akan melahirkan kesalehan sosial. Oleh sebab itu, seorang muslim yang baik senantiasa berusaha dan berdoa agar termasuk ke dalam golongan hamba yang saleh.

Dien Fitria Nur Ramadhan / Mahasiswi Jurnalistik UIN Jakarta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline