Lihat ke Halaman Asli

"Peralatan Perang" Digital Marketer

Diperbarui: 8 November 2018   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

placidcyber.in

Dalam 5 tahun terakhir pola pemasaran melalui saluran digital atau  digital marketing kian mengambil perhatian sejumlah marketer dari suatu perusahaan. Selain mampu mengerek awarness dan meningkatkan penjualan produk, sejatinya digital marketing juga dapat mejadi opsi dalam memperoleh feedback atas produk yang dilepas ke pasar (market research).

Di dunia digital marketing, terdapat sejumlah elemen yang harus diperhatikan ketika seorang marketer ingin mengenalkan sekaligus menjual produk. Selain konten yang menarik, dibutuhkan pula strategi digital marketing yang jitu sehingga objective dari upaya pemasaran dapat berjalan sesuai rencana.

Untuk dapat memahami tingkat keberhasilan pemasaran, berikut digital marketing tools yang umum digunakan oleh marketer profesional atau perusahaan-perusahaan.

Website Speed Test

Lantaran kerap menjadi 'muara' dalam mekanisme penjualan produk, performa dan kinerja website menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh seorang marketer tatkala memasarkan produknya. Selain tampilan (user interface/UI) dan pola penggunaan (user experience/UX), performa server (cloud) dan keamanan (security) adalah elemen yang harus diperhatikan dalam menganalisa performa website. Terlebih ketika skema transaksi penjualan dapat dilakukan (closing) di website.

Untuk dapat mengetahui performa dan kinerja website, seorang marketer profesional umumnya menggunakan website speed test tools berbayar seperti Pingdom, Monitis, atau GTMetrix. Anda pun juga dapat menggunakan website speed test tools gratis yang tentu saja fitur-fitur yang diberikan tidak selengkap dengan yang berbayar. Untuk website speed test tools gratis, terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan seperti: Google PageSpeed Insights, Google Mobile Website Speed Testing Tool, Google Analytics Site Speed, WebPageTest.

Website Analytics

Menjadi hal yang baku dan harus dilakukan seorang marketer untuk memetakan dan mengevaluasi kinerja promosi atau publikasi yang sudah dilakukan. Untuk dapat mengetahui seberapa banyak clickers, pageviews, dan elemen lain yang masuk dalam kategori traffics, dibutuhkan website analyctics. Saat ini terdapat banyak website analytics yang bisa digunakan, baik itu yang berbayar atau gratis. Diantaranya Google Analytics, Spring Metric, Woopra dan Clicky.

PR Management

Divisi hubungan masyarakat (humas) atau public relation sejatinya memiliki peran yang cukup vital dalam dunia digital marketing. Sebab, di saat seorang marketer memasarkan produk, dibutuhkan pula peran PR dalam 'mengawal' brand identity perusahaan yang nantinya akan terkonversi menjadi brand image yang umumnya dilakukan melalui saluran media massa.

Belum lagi jika perusaaan tengah menghadapi management crisis sehingga membutuhkan jasa PR yang lebih kompleks yakni strategic communication seperti yang dimiliki INDONESIANIS.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline