Lihat ke Halaman Asli

Didno

TERVERIFIKASI

Guru Blogger Youtuber

Sarung, Kopiah dan Baju Koko, Outfit Saat Taraweh

Diperbarui: 10 April 2023   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Baju Koko, Sarung dan Kopiah (Dok. Didno)

Sebelum berangkat ke masjid atau mushola untuk melaksanakan ibadah sholat isya dan taraweh,  setiap muslim disunahkan menggunakan pakaian yang bersih dan wewangian. Hal ini disunahkan oleh Rasul agar ibadah tidak hanya nyaman digunakan oleh penggunanya tetapi oleh orang yang ada di sekelilingnya.

Syarat pakaian pun tidak diharuskan yang harganya mahal yang terpenting adalah menutup aurat, dan bersih. Bagi muslimin atau muslim pria cara berpakaian disesuaikan dengan adat dan istiadat di daerahnya masing-masing. Seperti menggunakan sarung, baju muslim atau baju koko dan kopiah.

Berbeda dengan kaum hawa yang biasa sholat berjamaah di masjid. Mereka biasanya menggunakan mukenah, sajadah, pakaian pelapisnya, serta dengan wewangian.       

Nah sekarang saya akan membahas outfit saya saat ke masjid untuk sholat isya dan taraweh. Outfit yang digunakan yang sederhana dan biasa digunakan muslimin yang berangkat ke masjid yakni memakai sarung, kopiah, dan baju koko.

Ketiga outfit tersebut meruapakan pakaian yang sering digunakan oleh kaum pria di Indonesia saat menjalankan ibadah taraweh selama bulan Ramadan. Selain menjadi simbol dari identitas keagamaan, outfit ini juga memiliki nilai-nilai akulturasi budaya yang kuat di masyarakat Indonesia.

Sarung adalah kain yang biasa digunakan saat sholat oleh kaum pria di Indonesia. Biasanya sarung digunakan sebagai celana panjang dengan cara dililitkan pada pinggang dan diikat di bagian depan. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat sarung adalah katun atau tenun. Sarung digunakan sebagai alternatif celana dalam karena dianggap lebih nyaman dan lebih mudah bergerak saat melakukan ibadah.

Sementara itu kopiah adalah topi yang biasa digunakan oleh kaum pria muslim. Kopiah biasanya terbuat dari bahan kain atau songket. Kopiah yang biasa digunakan di Indonesia berwarna hitam. Tetapi ada pula yang dihiasi dengan sulaman atau bordir yang berwarna-warni untuk memberikan sentuhan khas pada outfit.

Selain itu baju koko adalah jenis baju yang terdiri dari kemeja ada yang panjang dan pendek. Baju koko sendiri merupakan akulturasi budaya China di tanah air. Baju koko sering digunakan kaum pria saat beribadah termasuk saat sholat taraweh.

Maka tidak heran outfit sarung, kopiah, dan baju koko biasanya paling banyak digunakan kaum pria saat menjalankan ibadah taraweh di masjid atau musola. Selain itu, outfit ini juga dapat digunakan saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman untuk mengikuti kegiatan taraweh di rumah.

Pilihan warna dan motif untuk sarung, kopiah, dan baju koko sangat beragam. Beberapa pilihan warna kopiah yang sering digunakan adalah warna hitam, putih, coklat, atau hijau. Sedangkan motif sarung yang sering digunakan adalah motif garis-garis atau kotak-kotak yang sederhana. Sedangkan baju koko yang sering digunakan adalah warna putih, krem, abu-abu, coklat atau hitam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline