Lihat ke Halaman Asli

Didin Emfahrudin

Writer, Trainer, Entrepreneur

Pancasila: Tafsir Ideologi Negara Paling Relevan

Diperbarui: 28 Januari 2022   09:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sejenak kita akan  flash back ke masa, di mana sebelum dibentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bapak proklamator Ir. Soekarno pernah berpesan kepada kita semua, para penerus perjuangannya. Bahwa, jangan sekali-kali melupakan sejarah. 

Kita sebagai rakyat merupakan salah satu elemen yang sejatinya adalah sumber daya terpenting bagi melaju atau tidaknya sebuah negara. 

Dari berbagai cerita sejarah dan temuan bukti otentik, membuktikan bahwa manusia Indonesia di masa lampau telah mampu menyelenggarakan sebuah bentuk pemerintahan-pemerintahan dengan berbagai bentuknya. Seperti mendirikan kerajaan, kesultanan, kemarajaan yang telah berperadaban cukup gemilang.

Pancasila sebagai ide dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang telah dicetuskan oleh para pendiri negara ini bukanlah bersumber dari sesuatu yang baru. Pancasila merupakan pencarian panjang. 

Penggalian paling radikal dan filosofis. Tentang kesemestaan diri manusia-manusia Nusantara dari berbagai masa silam. Terbukti ideologi negara yang sejak pendirian republik di tahun 1945 itu hingga sekarang tetap mampu selaras dengan berbagai tantangan zaman yang dilalui negara ini.

Jika negara ini telah memiliki fondasi tujuan bernegara yang begitu jelas dengan maha karya Pancasila. Lantas mengapa kita rakyat sebagai penyelenggara dan warga negara masa kini masih saja bersikap sebagai sebuah bangsa yang berkarakter 'terjajah'. 

Kalau kita mampu untuk menyelami ideologi negara kita, ternyata di dalam ideologi negara tesebut terdapat sebuah jurus jitu solusi bangsa. 

Solusi tersebut telah diurutkan pada sila pertama hingga sila kelima. Sebuah tahapan untuk mencapai kesejatian hidup manusia Nusantara dalam bermasyarakat dan bernegara.

Kalau ternyata demikian, sebenarnya kita ini telah mempunyai rumusan lengkap. Rumusan ideologi dasar negara yang mampu dipakai untuk menganalisis kesiapan manusia Indonesia. Apakah kita telah siap atau sebenarnya masih juga belum siap. Membangun sebuah negara yang berdasarkan Pancasila. 

Negara Pancasila adalah negara yang benar-benar menjamin kesejaheraan dan kemaslahatan untuk seluruh makhluk yang ada di tanah,  air dan udara Republik Indonesia.

Ataukah, kita semua rakyat republik ini sebenarnya belumlah siap untuk membuat negara yang bertujuan untuk menghantarkan keselamatan hidup seluruh rakyatnya?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline