Lihat ke Halaman Asli

Didin Emfahrudin

Writer, Trainer, Entrepreneur

Belajar Kepada Leluhur Nusantara (Chapter 10)

Diperbarui: 27 Desember 2021   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

KSATRIA SIMBOL PERLAWANAN DARI KAWASAN TIMUR NUSANTARA

Setiap peradaban yang tumbuh di sebuah bangsa pasti mempunyai tokoh-tokoh ksatria legendarisnya sendiri. Ksatria-ksatria itu terkadang mulai di elu-elukan oleh para penerusnya tatkala sang ksatria telah tiada. Setelah ia merelakan nyawanya di dalam peperangan dalam pendirian suatu peradaban atau seusai ia berjuang demi mempertahankan martabat  dan kemandirian bangsanya. Tokoh tersebut lantas biasanya, menjadi pahlawan bagi para penerus dan menginspirasi pergerakan demi pergerakan selanjutnya.

Misalkan, King Leonidas, sang pemimpin legendaris dari masa Yunani Kuno. King Leonidas adalah spirit bagi Negeri Sparta yang juga kemudian menjadi inspirasi dan pahlawan peradaban bangsa-bangsa barat. Jika King Leonidas tak meninggal secara heroik tatkala berperang melawan pasukan super power imperium Raja Persia, mungkin dia tak akan menjadi pahlawan dan ruh  perjuangan bangsa-bangsa Eropa.  Begitupun di dalam peradaban bangsa-bangsa Islam di timur tengah, mereka memiliki pahlawannya tersendiri, yakni Shalahuddin Al-Ayyubi.Karena ia adalah khalifah yang berhasil mengembalikkan Yerusalem ke pangkuan Islam dan menjadikan kota suci itu damai tanpa ada pembunuhan bagi kaum Nasrani dan Yahudi yang tinggal di sana.

Peradaban bangsa-bangsa di era Nusantara klasik juga banyak menyimpan kisah-kisah ksatrianya yang tak kalah heroik. Salah satu ksatria Nusantara yang sangat pemberani dan melegenda adalah Sultan Hasanuddin. Ia merupakan tokoh Nusantara klasik yang hidup di pertengahan abad ke-17 Masehi. Sultan Hasanuddin adalah sultan ke-3 di Kasultanan Makassar. Kasultanan yang merupakan persemakmuran kerajaaan-kerajaan kecil di kawasan ujung timur Kepulauan Nusantara.

Sultan Hasanuddin sebenarnya bukan merupakan pangeran mahkota Kasultanan Makassar. Namun ia menjadi sultan karena sebuah sistem pemilihan pemimpin negara Kasultanan Makassar yang saat itu sudah menggunakan permusyawaratan. Tokoh adat dan ulama' dapat memberi arahan tatkala memilih pengganti sultan yang akan menjabat. Bukan memilih pemimpin negara karena ia putra sulung raja atas nama hak waris. Sehingga terpilihnya Sultan Hasanuddin sebagai pemimpin tertinggi Kasultanan Makasar saat itu lebih didasari karena faktor kepribandian dan pengalaman dalam memimpin. Seperti  kedalaman ilmu, kebijaksanaan dalam bertindak, karena ketegasan serta keberaniannya.

Namun sesuai cerita rakyat yang berkembang, prestasinya sebagai duta negara atau dipomat Kasultanan Makassar-lah yang akhirnya membuat Sultan Hasanuddin ditunjuk dan mendapatkan amanah sebagai sultan. Keberhasilannya dalam menjadi komunikator yang menyatukan visi kerjaan-kerajaan kecil di dalam naungan Kasultanan Makassar, dianggap sangat berjasa untuk negara.

Di bawah kepemimpinan Sultan Hasanuddin, Kasultanan Makassar menjadi salah satu negara besar di Kepulauan Nusantara bahkan di dunia saat itu. Saat itu ibu kota Kasultanan Makassar adalah pusat interaksi perdagangan dan kebudayaan internasional. Semua pedagang  dari seluruh dunia mengenal Makassar sebagai  tempat tujuan membeli rempah-rempah.

 Sultan Hasanuddin juga membangun Kasultanan Makassar sebagai negara yang kuat dalam segala bidang seperti ketahanan militer dan kemandirian ekonomi. Ia membangun benteng-benteng pertahanan yang kokoh yang dilengkapi dengan meriam. Rakyat Kasultanan Makassar di masa Sultan Hasanuddin juga mengalami kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Sehingga penduduk Makassar terkenal mahir menciptakan kapal -kapal besar berjenis pinisi. Sultan Hasanudin memiliki kelebihan dalam berdiplomasi politik dan menjalin kerjasama internasional. Ia adalah penghubung persekutuan kerjasama seluruh sultan atau raja besar di Nusantara saat itu. Seperti kesultanan Mataram Islam, Kesultanan Banten dan Kesultanan Aceh.

Sultan Hasanuddin berhasil menggabungkan kekuatan seluruh kerajaan di wilayah timur Nusantara. Sehingga pelabuhan Makassar mengalami kemajuan pesat dan berhasil menjadi bandar transit utama jalur perdagangan rempah-rempah dunia. Selain itu, Sultan Hasanuddin juga menerapkan kebijakan jalur laut terbuka. Dimana semua kapal para pedagang dari seluruh Nusantara dan dunia, bebas untuk berdagang dan keluar masuk di wilayah lautnya. Namun kebijakan sultan hasanuddin tersebut mendapatkan kecaman keras dari VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie). Kongsi dagang dari Belanda yang menjadi embrio imperialisme dan kolonialisme tersebut menginginkan hak monopoli jalur perdagangan rempah-rempah di Makassar.

VOC beberapa kali melakukan lobi dan intervensi kepada Sultan Hasanuddin, namun ia tidak pernah menghiraukan tawaran kompromi VOC tersebut. Bagi Sultan Hasanudin, yang terpenting adalah bagaimana tetap mempertahankan martabat dan kedaulatan bangsanya. Menjaga kemandirian ekonomi rakyatnya dari intervensi perusahaan asing. Berusaha agar kerajaan dan negara lain di Kepulauan Nusantara tidak menjadi negara jajahan meskipun nyawanya terancam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline