Lihat ke Halaman Asli

Didin nurdiansyah

Mahasiswa universitas pamulang

Tips Meningkatkan UMKM di Era Milenial

Diperbarui: 24 Juni 2024   20:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Berita SMEsta

Perlu kita ketahui bahwa seiring dengan berkembangnya dunia digital pada era milenial ini sangat mempunyai dampak positif bagi para pedagang UMKM yang ingin terus mengembangkan usahanya sehingga para pedagang terus bersaing untuk mendapatkan daya tarik konsumen dengan menjalankan penjualan yang sejalan dengan perkembangan zaman.
Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips dalam menjalankan UMKM agar penghasilan para pedagang bisa terus meningkat dan mampu untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu meningkatkan UMKM di indonesia seperti:


1.Melakukan survei ke beberapa tempat yang strategis

Langkah pertama dalam menjalankan UMKM adalah dengan melakukan survei ke beberapa tempat yang strategis untuk berjualan, dengan cara menghitung perkiraan jumlah kendaraan yang lewat di jalan tersebut, menghitung atau memperkirakan banyaknya pengunjung yang berbelanja pada tempat tersebut dan melihat produk atau barang yang akan kita jual apakah di wilayah tersebut sangat wort it untuk berjualan produk yang telah di rencanakan, kemudian sesuaikan produk yang kita jual dengan perkembangan trend pasar yang berlangsung pada era digital ini. Dengan menjalankan pendekatan seperti ini maka proses penjualan akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.


2.Memberikan promo pembelian kepada konsumen

Setelah melakukan survei dan mulai berjualan, langkah pertama adalah dengan melakukan promosi penjualan kepada konsumen untuk meningkatkan daya tarik konsumen agar membeli produk yang kita jual. Contohnya seperti dengan memberikan potongan harga atau diskon pembelian dalam jumlah banyak.


3.Manfaatkan teknologi digital

Langkah selanjutnya dalam meningkatkan UMKM adalah dengan memanfaatkan teknologi digital seperti melakukan penjualan secara online ke beberapa akun online shop. Ini untuk meningkatkan keuntungan pedagang dan memperbanyak penjualan sehingga proses penjualan terus berkembang dan para pedagang UMKM akan mendapatkan keuntungan yang terus meningkat.

Tengerang selatan, 24 juni 2024




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline