PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR.
UPTD SMPN 2 BATU AMPAR KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
DIDI MURIANTO (didimurianto47@guru.smp.belajar.id).....082023
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantu media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar dengan sub bab Sistem Gerak pada manusia kelas VIII semester 1 di UPTD SMP Negeri 2 Batu Ampar, populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII A sejumlah 21 orang Tehnik penarikan sampel yang di gunakan purpossive sampling .
Desaian one group karena sampel penelitian ini hanya satu kelas, penelitian dianalisis dengan data kulitatif deskriptif.Tahap pelaksanaan tindakan dilakukan dengan melaksanakan skenario pembelajaran atau RPP yang telah direncanakan dengan mengunakan pembelajaran kooperatif tipe Make A Macth berbantu media gambar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan test tertulis, observasi pada saat pembelajaran dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Macth berbantu media gambar dapat berdampak pada hasil belajar di lihat dari nilai siswa yang ketuntasanya 100 % dengan rata-rata nilai 98,
berdasarkan hasil tes tertulis di akhir pembelajaran, kemudian siswa menjadi lebih aktif di lihat dari hasil observasi kegiatan pembelajaran dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan sehingga anak mudah untuk memahami materi berdasarkan hasil refleksi, dengan hasil tersebut berarti penerapan pembelajaran metode kooperatif tipe make A match berbantu media gambar efektif untuk membuat pembelajaran lebih aktif, menyenangkan dan mendapatkan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran khususnya materi-materi yang bersifat literasi.
Kata Kunci: kooperatif, make a match, media gambar, hasil belajar
Pendahuluan
Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang didalamnya terdapat materi yang bersifat literasi dan numerasi. Pada materi yang bersifat literasi terdapat kendala dalam proses pembelajaran disebabkan banyaknya materi yang mengharuskan siswa untuk membaca dan menghapal. Anak cendrung mengantuk dan bosan saat mengikuti pembelajaran yang akhirnya berimbas pada hasil belajar yang tidak sampai ketujuan pembelajaran karena selama ini kebanyakan saat mengajar materi literasi dengan metode pembelajaran ceramah dan diskusi kelas saja.
Berdasarkan pada masalah tersebut dalam upaya untuk menciptakan pembelajaran aktif , menyenangkan dan dapat menghasilkan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai, maka perlu untuk memilih dan mengunakan model, metode, serta strategi pembelajaran yang sesuai. Salah Satunya model pembelajaran yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa menurut hasil penelitian terdahulu adalah model pembelajaran kooperatif Make A Match oleh karena itu penulis ingin menerapkan pembelajaran kooperatif Make A Match dengan mengunakan media gambar di kelas VIIIA pada Sub Materi Sistem Gerak pada Manusia, selain terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa model pembelajaran ini juga menarik dan membuat siswa aktif. Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terlebih dahulu dilakukan latihan kerjasama kelompok. Hal ini bertujuan untuk mengenal dan memahami karakteristik masing-masing individu dan kelompok.