Lihat ke Halaman Asli

Frans XDP UPGRIS

Universitas PGRI Semarang

Pembelajaran Digital Pasca Pendemi di SMP N 1 Karangawen, Demak, Jawa Tengah

Diperbarui: 24 Agustus 2022   17:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: F.X. Didik Purwosetiyono, Farida Nursyahidah, Affandi Faisal Kurniawan, Maya Rini Rubowo

Dokpri

Pembelajaran digital dimanfaatkan pada pembelajaran pasca pendemi covid-19. Hal tersebut menuntut guru untuk tetap belajar teknologi agar proses pembelajaran pasca pendemi tetap dapat berjalan dengan baik. 

Walaupun pembelajaran sudah mulai dilaksanakan secata langsung dan tatap muka namun pemanfaatan teknologi di dalam proses belajar mengajar di kelas harus tetap dilaksanakan baik secara blended maupun hybrid learning

Beberapa guru masih adaptasi dengan situasi baru/ new normal di dalam mengelalo kelas saat ini, sangat terlihat efek pendemi bahwa penguasaan digital siswa dan guru justru malah meningkat. 

Penguasaan digital guru meningkat terlihat pada saat pelaksanaan pengabdian di SMP N 1 Karangawen kabupaten Demak sebanyak 50 guru untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Universitas PGRI Semarang yang dilaksanakan pada Desember 2021 -- Januari 2022 lalu, dengan pembicara I oleh Farida Nursyahidah, M.Pd. tentang media media pembelajaran berbantuan Quiz dan Kine Master, dan pembicara II oleh Dr. Affandi Faisal, M.Si. tentang media pembelajaran menggunakan zoom meeting dan Blended Learning

Pelatihan yang dilaksanakan di SMP N 1 Karangawen berjalan dengan tertib, lancar, dan menerapkan protokol kesehatan. Pelatihan dilaksanakan selama tiga pertemuan. 

Pada setiap materi yang diberikan diakhiri dengan tugas membuat media sebagai produk akhir kegiatan. Ditegaskan oleh ketua pengabdian Dr. FX Didik Purwosetiyono, M.Pd., bahwa kegiatan ini harus menghasilkan produk akhir yang telah di review dan melalui evaluasi, dan produk dapat digunakan untuk pembelajaran pada semester berikutnya. 

Sehingga dapat meningkatkan kemampuan digital guru dan dapat menciptakan pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa di pasca pendemi untuk pemulihan pembelajaran sesuai kurikulum merdeka belajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline