Lihat ke Halaman Asli

Didi Khomsa Prasetyana

Mahasiswa di Universitas Negeri Semarang

Silaturahmi dan FGD Mahasiswa KKN UNNES bersama Local Hero: Keseimbangan antara Dunia dan Akhirat

Diperbarui: 13 Juli 2023   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN UNNES melakukan kegiatan silaturahmi dan FGD bersama salah satu tokoh agama Desa Pecangakan, Bapak Kusnan. Sumber: Dokumen Pribadi

Dalam rangka program KKN UNNES, mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan silaturahmi dan Focus Group Discussion (FGD) dengan tokoh agama di Desa Pecangakan, Kecamatan Comal, Pemalang. Kegiatan ini berlangsung di kediaman Bapak Kusnan pada Rabu (12/7). 

Silaturahmi ini melibatkan mahasiswa KKN UNNES Desa Pecangakan dan dihadiri oleh Bapak Kusnan, seorang tokoh agama yang dihormati, sekaligus pengurus harian Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Pecangakan. Tujuan kegiatan ini adalah menjalin komunikasi dengan tokoh lokal sebagai bagian dari program Local Hero mahasiswa KKN UNNES.

Dalam FGD ini, mahasiswa KKN UNNES memiliki kesempatan untuk memperoleh pembelajaran berharga dari pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh Bapak Kusnan. Topik yang dibahas dalam FGD ini adalah tentang pentingnya mencapai keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat. Bapak Kusnan menjelaskan bahwa memiliki keseimbangan antara pemahaman agama dan pengetahuan dunia sangat penting bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.

Kegiatan FGD mahasiswa KKN UNNES bersama Bapak Kusnan.  Sumber: Dokumen Pribadi

“Seseorang yang beriman namun tidak berilmu, akan cacat dalam menjalani kehidupan di dunia. Ia memperdalam ilmu agama dan spiritualnya, namun tidak bisa mengimbangi perkembangan zaman yang ada di dunia. Begitu pula sebaliknya, orang yang berilmu tetapi tidak beriman, juga akan cacat dalam kehidupan di akhirat. Orang tersebut bisa saja sukses di dunia, tetapi ilmu yang tidak dibarengi dengan iman, tidak membawa orang tersebut pada kesuksesan di akhirat” ungkap Bapak Kusnan dalam memberikan pesan kepada mahasiswa KKN UNNES.

Pesan tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Kerjakanlah urusan-urusan duniamu seakan-akan engkau hidup untuk selama-lamanya, dan kerjakanlah urusan-urusan akhiratmu seakan-akan engkau mati esok.” (HR. Ibnu ‘Asakir)

Dari pesan dan hadis yang disampaikan di atas, dapat disimpulkan bahwa sebagai mahasiswa yang sedang mengejar pendidikan di dunia, sebaiknya juga memberikan perhatian pada pemahaman agama sebagai persiapan untuk kehidupan di akhirat. Melalui kegiatan FGD ini, diharapkan mahasiswa KKN UNNES Desa Pecangakan dapat memperoleh wawasan yang berharga dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline