Lihat ke Halaman Asli

didik fatmoko

Marketing Communication

Kios Sehat, Inovasi di Bidang HealthTech untuk Permudah Monitoring Kesehatan Masyarakat

Diperbarui: 31 Agustus 2023   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seorang masyarakat melakukan pemeriksaan tekanan darah menggunakan perangkat kesehatan canggih, Kios Sehat. Sumber : Widya Imersif Teknologi

Kesehatan merupakan aset berharga yang tidak dapat dinilai dengan materi. Menjaga kesehatan pun menjadi langkah penting yang harus kita lakukan. Salah satu caranya dengan melakukan pemantauan kesehatan secara teratur. 

Di era yang terus berkembang seperti saat ini, inovasi di bidang HealthTech semakin mempermudah kita dalam melakukan pemantauan kesehatan. Seperti WISH Health Kiosk atau yang akrab disebut Kios Sehat, inovasi teknologi di bidang kesehatan karya Widya Imersif Teknologi ini memungkinkan kita melakukan pengecekan kesehatan secara mandiri. 

Mengadopsi teknologi Internet of Things (IoT), Kios Sehat menjadi solusi inovatif bagi masyarakat yang menghadirkan pemantauan kesehatan yang lebih baik, efisien, dan mudah digunakan. Sebagai perangkat kesehatan canggih, inovasi Kios Sehat memiliki keunggulan utama yaitu kemampuannya untuk melakukan 8 jenis pemeriksaan kesehatan sekaligus dalam satu perangkat. Adapun kedelapan pengecekan kesehatan tersebut meliputi pengukuran berat badan, suhu tubuh, tekanan darah, saturasi oksigen, hemoglobin, kadar gula darah, asam urat, serta kolesterol. Keberadaan inovasi ini tentunya akan sangat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pemantauan kesehatan awal tanpa harus berkunjung ke beberapa tempat untuk pemeriksaan yang berbeda. 

“Sebagai perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang medis, kami ingin membuat pemeriksaan kesehatan menjadi lebih efisien, bahkan masyarakat dapat melakukannya secara mandiri. Dengan kemudahan ini, kami berharap dapat mendorong kesadaran masyarakat dalam memantau kesehatan melalui pemeriksaan kesehatan secara rutin,” kata Raka Adhitama selaku Business Development PT Widya Imersif Teknologi.

Proses penggunaan alat yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Yogyakarta ini sangat sederhana. Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan secara mandiri dengan mengikuti panduan yang telah disiapkan. Kemudian, Kios Sehat akan melakukan pengukuran secara otomatis. Hasil dari pemeriksaan kesehatan akan ditampilkan melalui layang yang ada pada perangkat. Di samping itu, masyarakat juga bisa melakukan pencetakan hasil pemeriksaan secara langsung. 

Salah satu aspek penting yang dihadirkan oleh inovasi ini adalah efisiensi waktu. Dengan menggunakan teknologi IoT, Kios Sehat dapat melakukan pengukuran berbagai parameter kesehatan secara bersamaan dalam waktu yang relatif lebih cepat. Hal ini tentu akan memberikan penghematan waktu antrian dan pemeriksaan kesehatan. Selain itu, keakuratan dan reliabilitas data yang dihasilkan oleh Kios Sehat juga patut diacungi jempol. Hasil pengukuran yang akurat ini sangat penting dalam pengambilan keputusan kesehatan yang tepat. 

Perangkat kesehatan berbasis IoT karya Widya Imersif Teknologi, WISH Health KiosK atau sering disebut Kios Sehat. Sumber : Widya Imersif Teknologi

Tidak hanya berguna bagi masyarakat, Kios Sehat juga memiliki potensi yang sangat besar dalam meningkatkan pelayanan kesehatan. Bagi fasilitas kesehatan (faskes) seperti klinik kesehatan, Kios Sehat dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan awal pasien sebagai salah satu bagian dari proses skrining. Hal ini akan membantu dokter dalam proses diagnosis yang lebih tepat dan memberikan perawatan yang sesuai. Tidak kalah penting, sebagai salah satu teknologi di bidang kesehatan, Kios Sehat juga telah mampu melakukan pencatatan hasil pemeriksaan secara digital sehingga akan memberikan kemudahan bagi faskes dalam pengelolaan rekam medis pasien. 

“Di samping masyarakat, kebermanfaatan inovasi yang kami kembangkan ini juga akan dirasakan oleh fasilitas kesehatan seperti klinik. Salah satunya mendorong digitalisasi pencatatan hasil pemeriksaan pada pasien. Tentu dengan digitalisasi ini pengelolaan catatan kesehatan pasien jadi lebih baik dan mudah,” imbuh Raka.   

Diharapkan, inovasi seperti Kios Sehat akan semakin banyak diadopsi oleh berbagai fasilitas kesehatan maupun apotek. Hal tersebut sebagai langkah penting dalam meningkatkan aksesibilitas pemeriksaan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat sehingga bisa mendorong kesehatan sebagai prioritas utama dalam kehidupan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline