Lihat ke Halaman Asli

Didiek Hartantyo

TERVERIFIKASI

Direktur Utama KAI (2020-2024)

Inspeksi Jalur Kereta, Cara KAI Menjaga Keselamatan & Kenyamanan Anda

Diperbarui: 6 Januari 2025   14:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kereta inspeksi tengah berhenti di Stasiun Cirebon (Dokumentasi KAI)

Bagi saya dan teman-teman yang bekerja di KAI, para penumpang adalah tuan dan nyonya yang kami muliakan. kenyamanan dan keselamatan anda saat menggunakan kereta api adalah nomor satu di hati kami. Terlebih Menjelang musim sibuk alias peak season periode Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). 

Kami bersama dengan seluruh stakeholder perkeretaapian melaksanakan inspeksi jalur kereta api menggunakan kereta inspeksi (KAIS) dari tanggal 10 hingga 12 Desember 2024. Inspeksi ini mencakup jalur utara dan selatan Pulau Jawa yang bertujuan untuk memastikan kesiapan operasional selama 18 hari masa angkutan Nataru yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Kesiapan operasional KAI mencakup semua aspek. Dimulai dari jalur rel, fasilitas stasiun, hingga sarana dan prasarana pendukung. Berdasarkan evaluasi terbaru, tingkat kematangan budaya keselamatan KAI kini berada pada level Proaktif. Ini adalah pencapaian yang mencerminkan sinergi luar biasa dari seluruh insan yang ada di KAI.

kereta api jarak jauh tengah melintasi jembatan rel (Dokumentasi KAI)

Kereta inspeksi kami akan menempuh perjalanan melalui dua rute strategis di Pulau Jawa, dimulai dari Stasiun Gambir di Jakarta dan melintasi berbagai kota penting. Kami telah merancang rute ini untuk memantau kesiapan jalur, fasilitas stasiun, serta operasional sarana dan prasarana kereta api secara langsung. Dengan teknologi canggih yang kami gunakan, tim inspeksi dapat melakukan evaluasi kondisi jalur dan fasilitas pendukung dengan lebih efektif.

Dua mantra yang selalu saya ucapkan kepada teman-teman yang bertugas: Terimakasih & semangat! (Dokumentasi KAI)

Dalam menghadapi musim hujan yang bertepatan dengan periode Nataru, kami telah menyiapkan 777 tenaga tambahan, termasuk Penjaga Jalan Lintas (PJL) dan Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), untuk memastikan keselamatan dan kelancaran perjalanan. Strategi AMUS (Alat, Material, Untuk Siaga) juga diterapkan untuk mempercepat perbaikan jalur jika terjadi gangguan.

Kegiatan inspeksi ini adalah langkah preventif yang kami ambil untuk memetakan potensi tantangan di lapangan serta memastikan kesiapan total dari aspek operasional hingga pelayanan. Kami berkomitmen untuk tidak hanya memenuhi, tetapi melampaui harapan pelanggan kami.

Dalam upaya mendukung keberlanjutan lingkungan, kami juga mengimplementasikan kebijakan bebas plastik di kereta inspeksi. Kami percaya bahwa setiap langkah kecil dapat memberikan dampak besar, dan kami mengajak masyarakat untuk berkontribusi dalam menciptakan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

Saya berharap, dengan semua upaya ini, KAI dapat terus memberikan layanan yang lebih baik dan lebih aman bagi masyarakat. Mari kita bersama-sama menjadikan perjalanan kereta api sebagai pilihan utama yang nyaman dan berkelanjutan. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Selamat liburan!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline