Lihat ke Halaman Asli

Didi Kurniadinata

Pengajar, Konsultan SDM, Trainer, Penulis,

Memahami Panitia vs Tim dan Implikasinya

Diperbarui: 1 September 2024   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Credit to Linkedin

Memahami Panitia vs Tim dan Implikasinya

Ketika Anda menjalankan tugas baik di instansi pemerintah atau organisasi nirlaba misalnya, tentu Anda bekerja sendirian atau bersama yang lain. Jika Anda kita adalah pimpinan dari suatu unit kerja, berarti Anda memimpin suatu kumpulan orang dengan gaya Anda dan mengkategorikan unit kerja bisa sebagai suatu tim atau panitia atau bentuk lain. Penulis mengkategorikannya dengan 2 jenis yang umum, yaitu Panitia atau Tim karena keduanya terdiri dari beberapa orang baik di bawah sepuluh atau lebih dari sepuluh, namun bukan yang ratusan atau ribuan. Artinya meskipun yang dipimpin ratusan ribu atau jutaan (misalnya memimpin suatu negara), seorang pemimpin tetap memimpin mereka melalui dengan jumlah yang efektif dipimpin secara langsung, misalnya antara 10 s.d. 50 orang.

Contoh panitia adalah Panitia Pemilihan Ketua Umum Organisasi..., atau Panitia Penyelenggaaran Musyawarah Kerja. Sementara untuk tim adalah tim sepakbola, atau Satuan Tugas Pemberantasan Pungli.

Apakah penting bagi kita untuk membedakan antara panitia dan tim? Perbedaan ciri kedua kelompok orang tersebut bermanfaat untuk diketahui ketika Anda ingin kebutuhan organisasi terpenuhi dengan jenis kelompok yang tepat. Di bawah ini adalah tabel perbedaan antara panitia dan tim.

Credit to Didi (Own Collection)

Dari gambaran di atas, nyata ada perbedaan antara Panitia dan Tim. Panitia dibentuk beserta anggota tim yang sesuai dengan keahlian yang diperlukan dalam tugasnya. Sementara untuk tim, kompetensi teknis tidak benar benar diperlukan pada awalnya. Ketika sudah merambah hal teknis, panitia langsung menunjukan kepada yang memiliki kompetensi yang diperlukan. Sedangkan untuk tim, jika ada yang sesuai kompetensinya, maka langsung bekerja sesuai kompetensinya, jika tidak ada yang kompeten, akan dicari dari anggota tim personil atau mendapatkan akses dari luar tim. Yang jelas keputusan untuk melaksanakan tugas ditentukan bersama-sama.

Akan menarik juga jika kita melihat aspek-aspek tertentu dari titik-titik perbedaan yang ada sbb:

Credit to Didi (Own Collection)

Dari data perbandingan di atas dapat disimpulkan bahwa Panitia dan Tim berbeda dalam beberapa titik di atas. Yang paling kentara adalah rasa saling ketergantungan yang menunjukkan bahwa anggota tim merasa ada rasa saling bergantung satu sama lain karena di dalam tim, mereka saling berbagi tanggungjawab dan termasuk rasa memiliki terhadap pekerjaannya untuk tim lebih besar. Sementara anggota panitia, hanya akan bertanggungjawab pada bidang tugasnya saja.

Aspek Komitmenpun perbedaannnya besar, dimana secara umum komitmen pada tugasnya lebih kuat pada anggota tim. Satu tugas selesai, setiap orang akan berusaha membantu yang lain, meskipun bukan bidang tugasnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline