Lihat ke Halaman Asli

Didi Kurniadinata

Pengajar, Konsultan SDM, Trainer, Penulis,

Gambits untuk Kelas Bahasa Inggris (TOT)

Diperbarui: 28 Maret 2024   14:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

credit to Knapp.Gambitter

Mengajar Bahasa Inggris bagi pemula memerlukan skill yang pas, namun bagi yang masih belum percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris pada waktu mengajar, dapat belajar sejumlah gambits yang tertentu dan dapat dipakai dalam kegiatan-kegiatan di kelas.

Di bawah ini adalah kumpulan gambits yang dapat digunakan dari mulai sesi mengawali kegiatan di kelas sampai dengan akhir kegiatan. Semoga berguna dan selamat berlatih.

SUCCESSFUL PEOPLE DON’T DO DIFFERENT THINGS

THEY DO THE SAME THINGS IN DIFFERENT WAYS

Orang-orang yang sukses tidak melakukan hal-hal yang berbeda. Tetapi mereka melakukan hal yang sama dengan cara yang berbeda.

THE OPENING (Pembukaan di kelas)

  • Good Morning/Afternoon everybody. (Selamat pagi/siang)
  • How are you? (Apa Kabar?)
  • How is everybody? (apa kabar semuanya?)
  • How is everything? (bagaimana kabar semua hal)
  • Is everybody all right? (Apakah semuanya baik-baik?)
  • What’s the weather like today? (Bagaimana cuaca hari ini?)
  • Is there any good news? (Apakah ada berita yang bagus?)
  • Today, we are going to learn Parts of the body/ colour… (Hari ini kita akan mempelajari …)
  • Before we begin the lesson, I’d like to review what we studied last week. (sebelum memulai pelajaran, saya ingin mengulang apa yang kita pelajari minggu lalu)
  • Where is the attendance list? (Dimana daftar hadir?)
  • Who is absent today? (siapa yang tidak hadir hari ini?)
  • Who is not coming today?  (Siapa yang tidak datang hari ini?)
  • What’s the matter with him/her? Does anybody know? (AADD? {Ada apa dengan dia?}, apakah ada yang mengetahui?)

INSTRUCTIONS (Petunjuk)

  • Please, pay attention to me. (Perhatikan saya)
  • Please, look at me. (Lihat ke saya)
  • Come on, look at me. (Ayo, lihat ke saya)
  • Please, listen to me. (Dengarkan saya)
  • Budi, please come forward. (Budi, silahkan maju ke depan)
  • Budi, please come to the front. (Budi, silahkan maju ke depan)
  • Budi, please come here. (Budi, ke sini)
  • I am going to say each word. You repeat after me. (Saya akan mengucapkan setiap kata. Kamu mengulang)
  • I am going to say a word, then you repeat after me. (Saya akan mengucapkan satu kata. Kamu mengulang)
  • Look at the black/white board and say after me. (Lihat ke papan tulis dan ucapkan sesudah saya mengucapkan …)
  • Please repeat after me. (Ulangi pengucapan sesudah saya)
  • Are you ready? (apakah sudah siap?)
  • Now, let’s work in pairs. (sekarang mari kita melakukan kegiatan dengan berpasangan)
  • Before that, please write down the information on the white/black board into your book. (sebelumnya, tuliskan terlebih dahulu informasi yang ada di papan tulis ke atas buku kamu)
  • Let’s do the work together. (Mari kita kerjakan bersama-sama)
  • Let’s discuss together. (Mari kita bahas bersama)
  • Now let’s sing a song together. (Mari kita menyanyikan sebuah lagu bersama-sama)
  • Match the picture and the word. (Cocokan gambar dengan kata)
  • Point to the number I call. (Tunjuk nomor yang saya sebutkan)
  • Show me your book/pen (Tunjukkan pada saya buku/pena kamu)
  • Pay attention to me, I will demonstrate how to play. (Perhatikan saya, saya akan mencontohkan cara bermain permainan ini)

ASKING TO REPEAT (Meminta Siswa Mengulang)

  • Pardon me? (maaf, tolong katakan lagi.)
  • I beg your pardon? (maaf, tolong katakan lagi.)
  • Pardon? (maaf, tolong katakan lagi.)
  • Please, repeat again. (Tolong katakan lagi)
  • Repeat again, please! (Tolong katakan lagi)

STARTING & ENDING AN ACTIVITY (Memulai dan menghentikan suatu kegiatan

  • Everybody stand up! (Setiap orang berdiri)
  • Everybody stand up and move! (Setiap orang berdiri dan bergerak/menjalankan kegiatan)
  • Now, lets play the game. (Mari kita bermain)
  • Now, start work! (Mulailah melakukan kegiatan!)
  • Stop and go back to your seat! (Berhenti dan kembali ke tempat duduk masing-masing)

EXPRESSING FEELING (Mengungkapkan perasaan sesudah melaksanakan kegiatan berbahasa)

  • How do you feel playing this game? (Bagaimana perasaan kamu sesudah melaksanakan permainan ini?)
  • Good ! (Bagus!)
  • Great! (Hebat!)
  • Excellent! (Istimewa!)
  • Marvellous! (Hebat!)
  • Fine! (Bagus!)
  • You have done a good work! (Kami sudah melakukan tugas dengan baik!)
  • Nice try …. (komentar penghargaan untuk usaha menjawab pertanyaan meskipun jawabannya tidak betul)
  • Not bad …. (tidak jelek)
  • Well, that’s all right… (cukup baik)

ENDING A CLASS SESSION (Mengakhiri suatu pembelajaran)

  • Now, it’s time to stop. I will see you again next week. Bye… (Sekarang waktunya berhenti. Sampai ketemu lagi minggu depan)
  • It has been 12.00. We have to stop now. See you again. Bye… (Sudah jam 12.00. Kita hharyus berhenti. Smapai ketemu lagi)
  • Students, we have to stop now. I hope you enjoyed the lesson today. See you again. Bye… (Anak-anak, kita harus berhenti sekarang. Saya harap  kamu menyukai pelajaran hari ini. Sampai ketemu lagi.)
  • I think it’s enough for today. See you again next time. Take care! (Saya kita cukup untuk hari ini. Sampai ketemu lagi. Baik-baik ya…)
  • Let’s stop now. The time is over. See you again. Bye (Mari kita berhenti. Waktunya sudah habis. Sampai jumpa).
  • Don’t forget to study again at home, all right. (jangan lupa untuk belajar lagi di rumah.)

credit to gaijin.pot.com

Karakteristik untuk Guru Bahasa Inggris yang berkualitas diatas rata-rata

  • Bahasa Inggris mendominasi interaksi di dalam kelas, dimana yang berbicara Guru atau siswa.
  • Siswa menggunakan Bahasa Inggris sewaktu memberikan pertanyaan.
  • Guru hanya sedikit berbicara karena lebih banyak siswa yang berbicara.
  • Guru lebih ekspresif, antusias, kreatif dgn bentuk-bentuk alat peraga yang nyata atau yang mendekati yang sesungguhnya.
  • Iklim kelas hangat dan memberikan semangat.
  • Guru tidak menunda dalam memberikan umpan balik kepada siswa.
  • Guru sering memuji pencapaian siswa dan membuat lelucon yang mengundang tawa.
  • Lebih banyak aktifitas dan keceriaan dalam kelas
  • Guru lebih mempersonalisasikan isi pelajaran.
  • Kritikan untuk perilaku siswa amat sedikit.
  • Waktu siswa untuk membaca dalam hati dan tugas-tugas menulis lebih sedikit.
  • Tulisan guru di papan tulis Lebih sedikit.
  • Guru dapat memaksimalkan perangkat yang ada disekitarnya.
  • Guru bersikap positif terhadap apapun yang terjadi di dalam kelas

PENDEKATAN PENGAJARAN

Mata pelajaran bahasa Inggris sebagai bagian dari mata pelajaran Muatan Lokal bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam berbicara, menyimak, membaca, dan menulis bahasa Inggris, dengan penekanan pada keterampilan berbicara sehari-hari.

Agar tujuan mata pelajaran bahasa Inggris  tercapai, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kebermaknaan. Pendekatan ini menekankan pada pengembangan keterampilan berbahasa yang mencakup keterampilan berbicara, menyimak, membaca dan menulis. Belajar bahasa Inggris adalah belajar menggunakan bahasa Inggris untuk mengungkapkan dan/atau memahami makna. Oleh karena itu, kegiatan belajar mengajar yang harus dikembangkan adalah kegiatan yang mengarah kepada pelibatan siswa dalam menggunakan bahasa yang berbentuk kegiatan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Pada hakikatnya keempat keterampilan berbahasa tersebut tidak dapat dipisah-pisahkan. Keterampilan-keterampilan tersebut harus disajikan secara terpadu.

Dalam pendekatan kebermaknaan, tata bahasa dan lafal berfungsi sebagai alat untuk menunjang keterampilan berbahasa. Oleh karena itu, guru tidak perlu lagi terlalu banyak menggunakan waktu untuk menjelaskan kaidah-kaidah bahasa secara tersendiri. Namun, tidak berarti guru dilarang menjelaskan tentang tata bahasa. Penjelasan tentang tata bahasa hendaknya hanya diberikan secukupnya saja sesuai dengan fungsinya sebagai penunjang keterampilan berbahasa.

Prinsip-prinsip dasar pembelajaran bahasa

  • Pembelajaran suatu bahasa asing adalah suatu proses perkembangan.
  • Pembelajaran bahasa asing bukanlah pengalaman pertama dalam belajar bahasa.
  • Pembelajaran bahasa adalah pengalaman yang melibatkan emosi.
  • Pembelajaran bahasa tidaklah sistematis.
  • Pembelajaran Bahasa memerlukan interaksi antar dua atau lebih pihak pengguna bahasa.
  • Teknik-teknik aplikasi metodologi pembelajaran 
  • Teknik-teknik penerapan ini merupakan implikasi dari prinsip-prinsip dasar dalam pembelajaran bahasa.
  • Peng-arahan (Lead-in). 
  • Kesenjangan (Gap). Kesenjangan informasi dan pendapat.
  • Keragaman kegiatan pembelajaran (variety). 
  • Perkiraan (Prediction). 
  • Kesenangan (Enjoyment).
  • Keterpaduan (integratedness).
  • Koherensi (coherence). 
  • Keterlibatan (involvement). 
  • Kreatifitas (Creativity)
  • Suasana (Atmosphere).                                                                                                                                                                                                                                                                                                  



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline