Zaman sekarang adalah zaman yang dimana banyak pekerjaan yang membutuhkan teknologi atau bahkan kehidupan kita saling berhubungan dengan teknologi. Teknologi juga berkaitan dengan yang namanya media sosial, Media sosial adalah Memfokuskan pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi mereka dalam beraktivitas maupun berkolaborasi.
Media sosial juga tidak bisa terlepas dari public relation karena media sosial termasuk tools/alat yang dipergunakan publik relation untuk mempermudah praktisi pr dalam memberikan sebuah informasi, selain mempermudah juga ada segudang manfaat lain media sosial bagi public relation diantaranya:
1. Mempertahankan Identitas/branding
Melalui media sosial, sebuah perusahaan tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang yang banyak untuk dapat memberikan/menyebarkan informasi mengenai identitas mereka kepada publik. Informasi yang disajikan melalui platform media sosial dapat berdampak pada meningkatkan brand awareness.
2. Mengontrol isu dan krisis
Kehadiran media sosial juga bisa membantu praktisi pr dalam mengontrol dan melihat isu dan tren yang sedang berkembang.
3. Pelaksanaan CSR
Selain dapat menjadi sebuah platform untuk mempublikasi dan menjadi saluran yang efektif untuk kampanye aksi sosial, media sosial juga dapat digunakan untuk memantau respon publik terhadap kegiatan yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Respon publik bisa menjadi evaluasi dan pertimbangan untuk kegiatan CSR selanjutnya.
4. Berhubungan dengan publik
Media sosial juga bisa menjadi wadah untuk membangun hubungan baik kepada para publik dengan perusahaan, Hal ini bisa terjadi karena memungkinkan komunikasi dua arah.
Selain berhubungan baik melalui ranah offline sebuah perusahaan juga harus memiliki hubungan baik di ranah online supaya reputasi perusahaan baik ranah offline ataupun online.