Lihat ke Halaman Asli

Ciamis, Kota Manis Manjing Dinamis

Diperbarui: 25 Juni 2015   04:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ciamis, sebuah Kabupaten di daerah Provinsi Jawa Barat, suatu kota dimana saya dilahirkan, kota dimana saya tumbuh. Kabupaten Ciamis berada pada posisi strategis yang dilalui jalan Nasional lintas Jawa Barat-Jawa Tengah dan jalan Provinsi lintas Ciamis-Cirebon-Jawa Tengah. Kabupaten Ciamis ini awalnya disebut dengan nama Galuh, karena dahulu di Ciamis ini terdapat sebuah Kerajaan yang bernama Galuh. Singkatnya kerajaan Galuh ini terkenal dengan kejadian yang masih terkenang hingga sekarang, yaitu terjadinya perang Bubat antara Kerajaan Sunda (Galuh) dengan Majapahit. Peperangan tersebut terjadi karena Raja Sunda tidak menerima sikap arogan Majapahit, yakni Patih Gajah Mada yang menghendaki Puteri Sunda, Dyah Pitaloka, menjadi upeti. hingga peperangan pun terjadi dan hampir semua gugur.

Dibalik cerita perang Bubat pun yang masih menjadi mitos adanya Sunda-Jawa tersebut, masih banyak potensi wisata dan situs budaya di Ciamis. objek wisata budaya di Ciamis diantaranya ada Situ Lengkong Panjalu (dengan objek wisata alam, danau dan ada beberapa peninggalan kerajaan kuno), Astana Gede (Bukti keberadaan Kerajaan Sunda), Karangkamulyan (pusat peninggalan kerajaan Galuh), Kampung Kuta (kamput adat), Urug Kasang (tempat ditemukannya fosil-fosil), Situs Gunung Susuru (tinggalan Punden Berundak dari masa Kerajaan Hindu).

Ciamis juga terkenal dengan Pantainya yang sangat indah, yaitu Pantai Pangandaran dan cagar alam Pananjung. Pangandaran merupakan objek wisata di Kabupaten Ciamis yang merupakan primadona pantai di Provinsi Jawa Barat. Pangandaran sendiri memiliki banyak keistimewaan, diantaranya dapat melihat terbit dan terbenamnya matahari dari tempat yang sama, Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan orang untuk berenang dengan aman. Kemudian, terdapat pantai dengan hamparan pasir putih yang luas dimana setiap pengunjung bisa melihat batu karang dan ikan-ikan hias dengan jelas. Pada pesisir pantai pasir putih ini pengunjung bisa melakukan penyelaman. Di kawasan ini juga terdapat cagar alam, yang didalamnya terdapat Goa-Goa Alam yang terbentuk ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Terdapat pula Goa Belanda sebagai tempat persembunyian tatkala mendapat serangan tentara Sekutu.

Masih banyak objek wisata lainnya yang perlu anda kunjungi, karena Ciamis, Kota Manis dengan segala objek wisata yang tidak kalah dengan daerah lain. Makanan khas Ciamis yakni Galendo, mungkin anda penasaran apa Galendo ? Galendo sejenis ampas dari minyak kelapa

Jika anda jalan-jalan ke Ciamis, jangan lupa mampis di Taman Raflesia, alun-alun kota Ciamis yang juga merupakan maskot Kota Manis ini. Dinamakan Taman Raflesia, karena di Taman tersebut di tengah-tengahnya terdapat patung raksasa bunga raflesia. Taman ini selalu rame dari pagi hingga tengah malam, dari mulai anak kecil, hingga orang tua banyak yang suka sekedar main di alun-alun ini.

Bagi anda yang belum pernah main ke Ciamis,yuk, maen kesini :)





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline