Lihat ke Halaman Asli

Dicky Setyawan

TIM II KKN UNDIP 2021

Mahasiswa Undip Melakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan 5M dan Isolasi Mandiri

Diperbarui: 8 Agustus 2021   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Semarang (08/08/2021) Pandemi Covid-19 yang belum mereda di dunia membuat perubahan di kehidupan masyarakat. Protocol Kesehatan menjadi upaya dalam menekan penyebaran covid 19. 

Protokol Kesehatan memeperkenalkan masyarakat kepada gerakan 5M. Gerakan tersebut terdiri atas Menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan. Protokol Kesehatan juga mengajarkan kita tentang isolasi mandiri untuk masyarakat yang terjangkit covid-19. 

Tujuan diisolasi mandiri agar tidak menularkan kepada orang lain. Selama 14 hari, masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri harus tetap berada di rumah atau tidak bepergian ke tempat umum, hingga hasil uji laboratarium keluar.

Walaupun protocol Kesehatan telah diterapkan dari awal pandemic, namun masih banyak masyarakat yang mengabaikan dan tidak menerapkan protocol Kesehatan. 

Padahal, protocol Kesehatan sangat penting dalam menekan penularan covid-19. Masyarakat masih saja berkeliaran tanpa masker dan mengabaikan segala upaya 5M. selain itu, masyarakat yang terjangkit corona virus tidak menerapkan isolasi mandiri sehingga angka penularan meningkat. Di kasus lain, masyarakat yang sedang isolasi mandiri tidak tertolong dikarenakan tidak mengetahui apa yang harus dipersiapkan saat melakukan isolasi mandiri.

Dari persoalan tersebut, Dicky Setyawan yang merupakan peserta KKN Undip 2021 membuat poster mengenai protocol Kesehatan 5M dan isolasi mandiri. Mahasiswa ini menjelaskan gerakan 5M dengan cara yang menarik, yaitu dengan menggunakan gambar serta ilustrasi yang mudah dipahami oleh semua orang. 

Selain itu, mahasiswa ini juga menjelaskan bagaimana cara melakukan isolasi mandiri. Semua informasi dikemas dalam dua poster yang masing-masing memiliki ilustrasi yang mudah dipahami. Poster tersebut lalu dibagikan kepada masyarakat RT05 RW 03 Kelurahan Jangli agar menambah informasi kepada warga. Poster juga diberikan dalam bentuk softfile melalui grup Whatsapp RT agar lebih memperluas informasi.

Dokpri

Program ini diharapkan dapat memberikan informasi, mengingatkan serta membantu masyarakat dalam menerapakan atau meningkatkan gerakan 5M. Selain itu poster ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang masih bingung dalam menghadapi isolasi mandiri. Semoga kasus positif covid 19 dapat berkurang secepatnya. Tetap terapkan 5M, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan. Stay safe and stay healty!

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline