Lihat ke Halaman Asli

Dicky Hari Purnomo

Ikut serta dalam karya penyempurnaan ciptaan Ilahi

Belajar Sheet Metal Stamping Basic

Diperbarui: 27 September 2020   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bengkel Stamping | dokpri

Sheet Metal Stamping basic adalah pengetahuan dasar mengenai proses pembentukan part dari material metal yang biasanya berbentuk lembaran dengan proses stamping.

Stamping press dan stamping dies adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan part dari lembaran logam dengan volume tinggi. Tekanan press memberikan gaya untuk menutup dies di mana kedua dies membentuk dan memotong lembaran logam menjadi bagian-bagian barang jadi/part.

Produksi stamping umumnya dilakukan dengan menggunakan bahan lembaran logam dengan ketebalan  .020 "sampai .080" , tetapi prosesnya juga dapat diaplikasikan pada foil setipis 0,001 "atau pada plat stock dengan ketebalan mendekati 1.000".

Kemampuan untuk dibentuk adalah poin utama dari bahan lembaran logam. Sifat mampu bentuk yang dimaksudkan adalah kemampuan bahan untuk diperlakukan:

* proses tekuk (bent)

* proses diregangkan (streached)

* proses ditekan (draw)

Istilah metalurgi untuk kualitas/kemampuan bahan ini adalah "keuletan". Daktilitas adalah kemampuan material untuk berubah bentuk dan memanjang tapi tidak patah . Sejauh mana stamping mengalami deformasi tersebut secara langsung berkaitan denganbentuk dan geometri keseluruhan bagian.

Faktor lain juga mempengaruhi sifat mampu bentuk material adalah:

* desain cetakan

* pers

* kecepatan pers

* pelumasan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline