Lihat ke Halaman Asli

DICKY FIRMANSYAH FIRDAUS

MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Mitos Larangan Memakai Pakaian Bernuansa Hijau di Pantai Selatan Pulau Jawa

Diperbarui: 6 Maret 2023   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Lukisan Nyi Roro Kidul//Sumber: Okezone Travel)

Ketika kita membahas tentang pantai selatan, kita akan teringat salah satu mitos yang paling terkenal yaitu mitos Nyi Roro Kidul tentang larangan memakai baju hijau, mitos ini melekat pada kepercayaan masyarakat jawa, karena dipercaya Nyi Roro Kidul suka warna hijau sehingga ketika ada seseorang pergi ke pantai selatan memakai baju hijau maka akan terseret ombak.

 Nyi Roro Kidul adalah salah satu patih yang tidak disukai Kanjeng Ratu Kidul dari Kerajaan Pajajaran, karena memiliki sifat iri dan dengki. Ketidaksukaan tersebut diwujudkan dalam bentuk pengusiran terhadap Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul akhirnya membuat istana sendiri di daerah Parangtritis dengan wilayah kekuasaan di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa. Sehingga Nyi Roro Kidul ini berkuasa di pantai selatan dari Pulau Jawa.(Mustika & Syarifah, 2020)

Mitos yang beredar di masyarakat adalah tentang larangan menggunakan pakaian bewarna hijau ketika berkunjung ke pantai selatan, hal ini diyakini karena Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau sehingga masyarakat yang berkunjung ke pantai selatan menggunakan pakaian bewarna hijau akan terseret ombak dan akan ditarik ke dalam laut untuk dijadikan teman Nyi Roro Kidul, sehingga masyarakat takut untuk memakai pakaian bewarna hijau ketika berkunjung ke pantai selatan karena nanti bisa terseret ombak.

Beredarnya mitos juga memiliki sebuah manfaat bagi kehidupan sehari hari dan juga bisa dilogika dengan otak manusia, karena ketika kita memakai baju hijau dan kita berenang atau hanyut oleh ombak ke tengah lautan maka kita akan sulit terlihat, hal ini disebabkan oleh kedalaman laut yang membuat air semakin hijau jika bertambah dalam dan juga faktor sinar matahari yang sulit menembus perairan yang dalam, sehingga warna hijau dalam pakaian kita akan menyatu dengan warna air yang membuat ketika kita tenggelam akan sulit ditemukan.(Putri et al., 2022)

Selain faktor warna faktor alam juga mempengaruhi, perairan yang ada di pantai selatan adalah perairan lepas yaitu langsung menuju ke samudra tanpa adanya pulau kecil, sehingga pantai selatan memiliki ombak yang besar dan juga ketika kita hanyut maka akan langsung terseret ke samudra yang sangat luas dan dalam.

Rujukan

https://berita.99.co/perbedaan-nyi-roro-kidul-dan-kanjeng-ratu-kidul/

Mustika, D. A., & Syarifah, N. S. (2020). Perancangan Buku Cerita Bergambar Nyi Roro Kidul Sang Legenda Laut Selatan. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 2(03), 183--191. https://doi.org/10.30998/vh.v2i03.839

Putri, A., Khotimah, N., & Putry, W. A. (2022). Penerapan Rational Emotive Therapy dalam Budaya Masyarakat Jawa Mengenai Larangan Memakai Baju Hijau di Pantai Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9641--9645.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline