Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Kelompok 14 P2MB Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang Menyelenggarakan Lomba Keagamaan di Bulan Suci Ramadan

Diperbarui: 30 Mei 2023   16:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DokPri

Mahasiswa Kelompok 14 P2MB Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang menyelenggarakan lomba keagamaan di bulan suci Ramadhan, yaitu "Ramadhan Berkreasi" yang diselenggarakan di Masjid Al-Falaah dan MDA Miftahul Falaah, Dusun Kaduheuleut, Desa Kaduwulung, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang. (16/04/2023).

Ramadhan Berkreasi merupakan nama yang dibuat oleh kelompok 14 Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan (P2MB) Kaduwulung Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Sumedang yang ditujukan untuk memeriahkan Ramadhan tahun 2023 terkenang oleh warga masyarakat Desa Kaduwulung. Nama Ramadhan Berkreasi merupakan singkatan dari Berprestasi Kreatif dan Islami. Selaras dengan tema yang diambil yakni ciptakan generasi berprestasi kreatif dan islami .

Kegiatan ini merupakan program kerja dari kelompok 14 (P2MB) Universitas Pendidikan Indonesia yang sudah lama direncanakan dikarenakan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, kegiatan ini dihadiri oleh kepala desa Kaduwulung bapak Ahmad Widodo, Ketua MUI Kaduwulung, Ketua DKM Mesjid AL-Falaah dan warga masyarakat Desa Kaduwulung.

DokPri

Ramadhan Berkreasi menyelenggarakan 3 lomba yaitu Cerdas Cermat Islam (CCI), Kaligrafi, dan Adzan. Peserta dalam lomba Ramadhan Berkreasi ini dari MDA setiap dusun di desa Kaduwulung, yaitu MDA Miftahul Falaah (Dusun Kaduheuleut), MDA Nurul Huda (Dusun Sanding), dan MDA Nurul Hikmah (Dusun Batugulung). Secara keseluruhan, lomba ini diikuti oleh 36 peserta.

Dengan adanya kegiatan ini supaya anak-anak di usia dini mempunyai wadah untuk menyalurkan bakatnya dalam lomba Ramadhan Berkreasi ini. Tidak hanya itu lomba ini juga agar anak-anak mempunyai motivasi lebih tinggi dengan mengikuti kegiatan keagamaan, sadar akan pentingnya agama dalam kehidupan sehari-hari, serta bisa bermanfaat bagi anak-anak untuk masa depan.

Anak usia dini adalah anak yang berada dalam rentang usia 0-8 tahun. Menurut definisi ini anak usia dini adalah kelompok yang sedang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Dengan ini bahwasannya anak usia dini membutuhkan wadah untuk menyalurkan perkembangan dan pertumbuhannya, karena itu kita membuat program kerja ini untuk mengembangkan anak dalam segi Pendidikan terutama dalam sisi religi, dalam Pendidikan agama sangat penting bagi anak usia dini dikarenakan anak-anak harus mempunyai karakter iman yang sangat kuat dengan di masa depannya tertanam bahwa pentingnya Pendidikan agama kelak nanti.

Lomba keagamaan ini mempunyai hadiah yang menarik untuk para juaranya yaitu sertifikat mendali dan hadiah dengan beragam. Juara umum dalam Ramadhan berkreasi ini dari MDA Miftahul Falaah dusun Kaduheuleut dengan juara disetiap lombanya di dominasi oleh MDA Mifathul Falaah.

DokPri

Ramadhan Berkreasi ini diharapkan menjadi penambah semangat untuk pembelajaran agama islam bagi anak-anak di desa kaduwulung, sehingga hadiah yang diberikan kepada pemenang menjadi daya Tarik untuk belajar lebih giat, tidak hanya itu di Ramadhan Berkreasi ini diharapkan ada penerus dikhusukan untuk Ikatan Remaja Mesjid (Irma) di setiap dusun yang membuat lomba-lomba seperti ini lebih meriah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline