Lihat ke Halaman Asli

Dicky Saputra

TERVERIFIKASI

Talks about worklife and business. Visit my other blog: scmguide.com

Mengapa Beberapa Atasan Selalu Marah atas Masalah Sepele?

Diperbarui: 13 Mei 2024   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Marah karena hal sepele bisa jadi disebabkan oleh adanya masalah pribadi seorang atasan (Vitaly Gariev/Unsplash)

Apakah Anda pernah punya atasan yang selalu tampak marah, bahkan untuk masalah kecil atau pertanyaan sederhana? Perilaku semacam ini bisa jadi mengganggu dan membingungkan bagi banyak orang di tempat kerja.

Mari kita telaah beberapa kemungkinan penyebab di balik perilaku atasan yang selalu marah atas masalah sepele.

Masalah Pribadi

Perilaku marah dari seorang atasan seringkali merupakan refleksi dari beban yang mereka pikul di luar lingkup pekerjaan.

Tekanan dari tanggung jawab di tempat kerja bisa saja menjadi salah satu faktor, tapi masalah pribadi seperti konflik dalam hubungan, masalah keuangan, atau bahkan masalah kesehatan juga bisa berkontribusi.

Misalnya, seorang atasan yang mengalami konflik di rumah mungkin membawa kecemasan dan ketegangan ke tempat kerja, yang kemudian termanifestasi dalam bentuk kemarahan yang tidak proporsional terhadap masalah sepele.

Begitu pula dengan masalah kesehatan, baik fisik maupun mental, yang bisa mempengaruhi suasana hati dan kemampuan seseorang untuk mengendalikan emosi.

Dalam situasi ini, penting bagi rekan-rekan kerja untuk mengakui kalau perilaku marah atasan bukanlah semata-mata tentang mereka atau situasi kerja, tapi mungkin merupakan cerminan dari beban yang sedang dihadapinya di luar lingkup profesional.

Pendekatan yang lebih empatik dan pengertian bisa membantu membangun hubungan yang lebih baik dengan atasan dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih mendukung.

Selain itu, membuka saluran komunikasi yang terbuka dan mendukung bisa memberikan kesempatan bagi atasan untuk berbicara tentang masalah yang mereka hadapi, sehingga solusi yang lebih baik bisa ditemukan bersama-sama.

Kurangnya Kemampuan Komunikasi

Ketika atasan kurang punya keterampilan komunikasi yang efektif, hal ini bisa menyebabkan ketidakmampuan dalam menangani situasi sehari-hari di tempat kerja dengan baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline