Lihat ke Halaman Asli

Dicky Saputra

TERVERIFIKASI

Talks about worklife and business. Visit my other blog: scmguide.com

8 Kunci untuk Mencegah Burnout di Tempat Kerja

Diperbarui: 15 April 2024   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahu dan menetapkan batasan pribadi adalah kunci untuk mencegah burnout (Nubelson Fernandes/Unsplash)

Pekerjaan adalah bagian penting dari kehidupan kita, tapi terlalu banyak pekerjaan bisa menyebabkan stres kronis dan burnout.

Salah satu kunci untuk mencegah burnout adalah dengan memahami dan menghormati batas pribadi kita. Tapi, seringkali sulit bagi kita untuk melihat batas tersebut.

Mengapa begitu?

Ada beberapa alasan mengapa sulit bagi banyak orang untuk melihat batas pribadi mereka. Salah satunya adalah budaya kerja yang kompetitif.

Dalam budaya seperti ini, kita sering merasa perlu untuk terus menerus menunjukkan produktivitas tanpa memperhitungkan kebutuhan dan batas pribadi kita sendiri.

Tekanan dari atasan, rekan kerja, atau tuntutan pekerjaan juga bisa membuat sulit bagi kita untuk mengenali batas kita sendiri.

Perasaan kewajiban, kebiasaan buruk, dan kurangnya kesadaran diri juga menjadi faktor lain yang menyulitkan kita untuk melihat batas kita sendiri.

Jadi, bagaimana kita bisa mulai memahami dan menghormati batas kita sendiri?

Berikut beberapa langkah yang bisa kita ambil.

Menetapkan Prioritas

Penting untuk mengenali apa yang paling berharga dan penting bagi kita, baik dalam konteks pekerjaan maupun kehidupan pribadi, dan kemudian mengalokasikan waktu dan energi kita sesuai dengan prioritas tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline