Tantangan supply chain management untuk usaha kecil itu ngga ada habisnya. Dan tantangan itu semakin butuh lebih banyak perhatian Anda selama fase pertumbuhan cepat.
Dengan semua kegembiraan karena momentum yang ada, datang juga tekanan ekstra untuk membuat pelanggan Anda puas sambil tetap mempertahankan keunggulan kompetitif Anda di pasar.
Anda pasti sudah tahu, merampingkan supply chain akan menjadi lebih rumit saat Anda memperkenalkan produk baru, terutama kalau Anda menjualnya lewat e-commerce.
Masalah supply chain terkait dengan manajemen inventory dan pengalaman pelanggan tampaknya gampang sekali muncul.
Faktanya, masalah supply chain itu memang menyentuh setiap bagian bisnis, mulai dari penelitian produk, sampai penjualan akhir dan kepuasan pelanggan.
Untuk itu, kali ini saya akan berikan 7 tips strategi supply chain untuk membantu Anda memenuhi permintaan pelanggan saat skala bisnis Anda mulai meningkat.
1. Perkuat tim dengan orang yang kompeten
Pekerjakan lebih banyak pekerja, yang kompeten tentu saja, kalau Anda butuh bantuan tambahan selama fase peningkatan bisnis Anda.
Untuk benar-benar mengembangkan operasi Anda, Anda perlu orang yang tepat untuk menjalankan rencana tersebut.
2. Libatkan 3PL
Anda bisa menyewa gudang dan mempekerjakan pekerja di luar fasilitas produksi Anda untuk melakukan pengepakan dan pengiriman.
Sebagai pemilik usaha kecil, Anda tentu ingin menghemat uang. Jadi, carilah 3PL yang bisa melakukan pengiriman muatan truk parsial (juga disebut LTL, atau Less Than Load).