Perkembangan teknologi ternyata mempunyai dampak yang sangat berpengaruh terhadap dunia pariwisata. Hal ini bisa dilihat dari menjamurnya E-Commerce di bidang wisata serta meningkatnya kunjungan wisatawan baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).
Persaingan di era revolusi industri 4.0 tidak hanya meningkatkan daya saing disegala bidang, salah satunya di bidang sumber daya manusia (SDM). Melihat data dan fakta akan perkembangan pariwisata ternyata di lihat sebagai sebuah potensi bagi PT. HolaHalo Mekar Konsep (Hola Halo), sebuah travel market place yang ada di Indonesia.
HolaHalo bekerjasama dengan Stiepar Yapari serta Raja Tour Bandung mengadakan seminar e-commerce yang dilaksanakan pada 29 Januari 2020 lalu bertempat di gedung auditorium Stiepar Yapari Bandung. Dengan mengambil tema "Pengembangan E-Commerce Dalam Bisnis Travel".
Menurut Mico Wendy, CEO dari HolaHalo Market Place "Salah satu alasan dilaksanakannya kegiatan seminar ini adalah agar semua rekan-rekan mahasiswa yang nantinya akan terjun ke dunia pekerjaan tahu perkembangan teknologi yang mempengaruhi dunia pariwisata".
"Selain itu pihak HolaHalo Market Place sengaja memilih Stiepar Yapari untuk dijadikan mitra dalam kegiatan ini, karena Stiepar Yapari ini termasuk sekolah / kampus yang fokus di industri pariwisata dan sangat terbuka untuk update dari pihak luar".
"Pihaknya mencoba mengkolaborasikan berbagai elemen pariwisata untuk bisa menciptakan iklim pariwisata yang sinergis. HolaHalo juga menggandeng Raja Tour Bandung yang termasuk salah satu travel agent yang mengikuti perkembangan jaman. Dan kebetulan juga Raja Tour ini merupakan salah satu member/mitra dari Holahalo" tutup Mico.
Dilain pihak Titing Kartika selaku perwakilan dari Stiepar Yapari sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan seminar ini. " Acara ini sangat bagus sebagai bagian dari implementasi sinergitas lintas sektor ABGCM (Academic, Business, Government, Community, Media)".
Menurutnya Industri dan perguruan tinggi penting melaksanakan kerja sama agar adanya informasi terkini yang didapat dari industri dan mahasiswa bisa belajar banyak dari perspektif industri tidak hanya sekedar teori atau konsep. Sehingga lulusan mahasiswa dapat diserap baik oleh industri.
Selain itu peran komunitas seperti GenPI juga penting agar sharing informasi mengenai kepariwisataan terus terupdate. Disini GenPI Bandung Raya sebagai komunitas sekaligus media penggerak pariwisata yang aktif di media sosial dengan mempromosikan potensi, event, atau kebijakan yang berhubungan dengan pariwisata.
Dalam kesempatan tersebut pihak HolaHalo melakukan perjanjian kerjasama dengan pihak Stiepar Yapari. Harapannya dengan kerja sama tersebut dunia industri khususnya pariwisata bisa sejalan dengan dunia pendidikan guna meningkatkan SDM yang unggul dalam menghadapi persaingan bisnis di era pasar bebas.