Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Eksistensi Desa, Mahasiswa PROMAHADESA UNEJ Merencanakan Program Peduli Kesehatan Lansia

Diperbarui: 26 Juli 2023   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lahan Pertanian Desa Darsono (Dokpri)

Darsono merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Desa Darsono terdiri dari empat dusun yakni Kopang Krajan, Teratai, Padasan, dan Gading. Dusun Kopang Krajan merupakan dusun yang berada di Desa Darsono bagian bawah sedangkan Dusun Gading berada di bagian atas Desa Darsono. Berdasarkan data dari BPS tahun 2022 jumlah penduduk Desa Darsono pada tahun 2021 sebanyak 6.929 jiwa. Jumlah tersebut terbagi atas 3.481 laki-laki dan 3.448 perempuan. Desa ini memiliki wilayah yang cukup luas yang sebagian besar tanahnya digunakan sebagai lahan pertanian. Lahan pertanian yang dapat ditemukan berupa persawahan, kebun jagung, kebun sayur, dan kebun singkong. Oleh karena itu, mayoritas mata pencaharian penduduk Desa Darsono adalah petani.

Survei Desa Darsono (Kondisi Jalan Dusun Gading) Dokpri

Tiga dari empat dusun di Desa Darsono memiliki aksesbilitas yang baik karena kondisi jalan ketiga dusun ini sudah teraspal. Oleh karena itu, masyarakat di ketiga dusun tersebut lebih mudah menjangkau fasilitas dan pelayanan pemerintah salah satunya di bidang kesehatan yaitu puskesmas pembantu. Puskesmas ini memiliki tiga tenaga kesehatan yang diketuai oleh ibu bidan Supriyati, selain itu puskesmas pembantu desa darsono memiliki program posyandu yang diadakan setiap satu bulan sekali. Berbeda dengan Dusun Gading yang berada di area atas Desa Darsono. Dusun ini memiliki aksesbilitas jalan yang kurang memadai karena kondisi jalan pada dusun gading menanjak dan berlubang di beberapa titik lokasi. Oleh karena itu, tingkat pelayanan dan fasilitas untuk Dusun Gading terbatas.

Sebagian besar penduduk Desa Darsono adalah lansia. Hal ini didukung oleh data BPS tahun 2022, yaitu jumlah lansia Desa Darsono pada tahun 2021 sebanyak 2.154 jiwa. Oleh karena itu, pelayanan kesehatan untuk lansia di Desa Darsono perlu diperhatikan. Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh kelompok 44 PROMAHADESA UNEJ yang terdiri mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Teknik Universitas Jember, terdapat program posyandu lansia yang diadakan secara rutin tiap bulannya yang hanya dilakukan di Dusun Kopang Krajan. Kegiatan yang biasa dilakukan berupa pemeriksaan rutin tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, dan kolestrol. Oleh karena itu, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan lansia di Desa Darsono, kelompok 44 PROMAHADESA UNEJ yang dibimbing oleh Drg. Agustin Wulan Suci, D., MDSc. akan melaksanakan program lansia sehat yang dilakukan secara merata di keempat dusun yang berada di desa tersebut.

Kelompok 44  Promahadesa terdiri dari:

  1. Diaz Agatha Dwi Priyanda (Fakultas Teknik)

  2. Imliyaul Faizah Syafira (Fakultas Teknik)

  3. Destirana Tasya Widyastuti (Fakultas Teknik)

  4. Alfian Ilyas Putra Iskandar (Fakultas Teknik)

  5. Dian Rizky Nugraeni (Fakultas Kedokteran Gigi)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline