Lihat ke Halaman Asli

Catalyst Journey #1: Kelompok 28 dan 29 Adakan Pembukaan Kegiatan KKM di Dusun Tengo, Desa Kemiri

Diperbarui: 25 Desember 2023   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kelompok (23/12)

Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang periode tahun 2023/2024 dilaksanakan mulai tanggal 20 Desember 2023 sampai 31 Januari 2024. KKM Reguler resmi dilepas kampus untuk terjun ke ratusan desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang. Kelompok 28 dan 29 yang bertempat di Dusun Tengo, Desa Kemiri, Kecamatan Jabung disambut hangat oleh masyarakat setempat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan implementasi mahasiswa atas pembelajaran yang telah diperoleh selama menempuh studi di kampus UIN Malang tercinta. Kegiatan KKM ini difokuskan pada topik moderasi beragama, kemiskinan ekstrim, dan pencegahan stunting. Tema dari KKM ini diharapkan dapat dikembangkan menjadi berbagai kegiatan yang memberikan manfaat dan impact yang positif bagi masyarakat maupun peserta KKM sendiri.

Dokumentasi Kelompok (23/12)

Acara dibuka oleh saudara Maulana Ibnu Dzulkifli selaku MC yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Alqur'an oleh saudara Ahmad Haris Muhaimin. Acara pembukaan kegiatan KKM di Desa Kemiri ini dihadiri oleh Kepala Dusun Tengo, Ketua RW, Ketua RT, tokoh  masyarakat, dan pemuka agama setempat. Dalam acara ini dipaparkan rencana program kerja dari kedua kelompok yang terpusat di RT 04/RW 07, Dusun Tengo. Di antara beberapa proker tersebut ada empat program kerja unggulan yang diangkat oleh kedua kelompok yang mengabdi di wilayah Dusun Tengo. Program kerja tersebut terdiri dari proker keagamaan, kemasyarakatan, pendidikan, dan pencegahan stunting. Proker keagaaman meliputi kegiatan mengajar di TPQ dan mengikuti ta'lim. Kemudian kegiatan kemasyarakatan seperti mengikuti kegiatan tahlil dan pembacaan maulid diba'. Lalu untuk kegiatan pendidikan baru mulai berjalan awal bulan Januari nanti dengan mengadakan bina SD dan program Ngalam (Ngajar Malam) atau les kepada murid-murid SD yang ada di sekitar lingkungan posko KKM. Terakhir untuk program penyuluhan stunting, kami bekerja sama dengan tenaga kesehatan setempat untuk memberikan penyuluhan pencegahan stunting kepada ibu dan anak yang akan digabung dengan kegiatan posyandu yang dilaksanakan setiap awal bulan.

Pada saat memberikan sambutannya, Kepala Dusun Tengo, Bapak Kushairi menyampaikan bahwa masyarakat dan perangkat dusun setempat menyambut dan menerima peserta KKM dengan hangat untuk mengabdi selama 40 hari di Dusun Tengo. Dalam sambutan tersebut Pak Kushairi juga secara resmi membuka kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa/i UIN Malang yang terbagi menjadi dua kelompok di Desa Kemiri yakni kelompok 28 dan 29.

"Kami menyambut dan menerima mahasiswa di Dusun Tengo dengan hangat dan terbuka. Kami harap program-program yang nanti akan dilaksanakan dapat berjalan lancar dan mampu memberikan impact yang positif kepada masyarakat. Tidak lupa kami sampaikan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut harus terkoordinasikan dengan ketua-ketua RT yang ada di Dusun Tengo. Maka dari ini, Kegiatan KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di Dusun Tengo, resmi dibuka!" ungkap Pak Kushairi pada acara pembukaan KKM UIN Malang di Desa Kemiri kemarin malam (23/12).

Acara pembukaan kegiatan KKM ini diakhiri dengan sharing session dengan perangkat dusun dan tokoh masyarakat setempat dengan para peserta KKM. Harapannya acara ini dapat menjadi langkah awal yang baik dalam kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa/i UIN Malang dan dapat memberikan manfaat yang positif baik bagi masyarakat maupun peserta KKM sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline