Lihat ke Halaman Asli

Dias Syahdilla Melati

SEO Writer BantuInOnline

Building Management System: Pengertian dan Manfaatnya!

Diperbarui: 4 Mei 2023   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Apa itu Building Management? Building Management atau dapat disebut pengelolaan gedung. Pengelolaan gedung ialah praktik manajemen yang berkaitan dengan pengoperasian dan pemeliharaan bangunan, baik itu gedung perkantoran, apartemen, hotel, maupun sentra perbelanjaan. Yuk Simak metode kerja dan manfaat dari BMS itu sendiri!

Building Management System

Building Management System (BMS) adalah metode optimisasi yang diaplikasikan untuk mengendalikan, memantau, dan memaksimalkan pelbagai metode mekanik, elektrik, dan tata udara dalam bangunan seperti gedung perkantoran, hotel, rumah sakit, sentra perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Cara Kerja BMS

Building management system (BMS) bekerja dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sensor dan perangkat yang terpasang di dalam gedung, seperti sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning), pencahayaan, sistem keamanan, sistem plumbing, dan sistem listrik. Data yang dikumpulkan kemudian dikaji dan dikelola oleh sistem BMS. Berikut tahapan metode kerja BMS secara umum:

Sensor dan perangkat terpasang di dalam gedung mengumpulkan data seputar suhu, kelembaban, mutu udara, keamanan, dan performa sistem lainnya. Data dari sensor dan perangkat tersebut dikirim ke pusat kontrol BMS, di mana data tersebut akan dikaji dan dikelola. Berdasarkan data yang dikumpulkan, sistem BMS akan mengatur sistem HVAC, pencahayaan, sistem keamanan, dan sistem lainnya secara otomatis atau dengan intervensi manual. 

Data yang telah dikaji oleh BMS dapat membantu pengelola gedung untuk mengambil keputusan yang lebih baik, seperti mengidentifikasi situasi sulit pada sistem sejak dini, mengoreksi sistem sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, dan mengoptimalkan penggunaan energi gedung.

Selain itu, BMS dapat memberikan laporan dan informasi real-time seputar performa gedung, seperti konsumsi daya penerapan air, dan suhu serta kelembaban dalam gedung.

Namun dalam menjalankan tugasnya, BMS bisa dioperasikan dengan beragam cara. Salah satunya melalui pusat kontrol yang berlokasi di gedung itu sendiri atau melalui sistem remote access yang memungkinkan pengelola gedung untuk mengontrol dan memantau gedung dari jarak jauh.

Apa Manfaat Building Management System Itu Sendiri?

Manfaat dari Building management system (BMS), sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline