Lihat ke Halaman Asli

Dias Nurul Fajriani

Mahasiswa Hubungan Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta

PRINTER X HBD: Peringati Hari Jadi Prodi Humas UPNVY

Diperbarui: 8 Juni 2023   04:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sesi foto bersama panitia dan peserta lomba futsal. (Sumber: Dokumentasi Panitia)

Yogyakarta- Himpunan Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat (HM Humas) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta kembali menggelar rangkaian acara Public Relations Internal Race (PRINTER) yang dimulai pada 18 September 2022 lalu. Acara ini berisi rentetan jenis perlombaan baik akademik maupun non akademik dan ditutup dengan perayaan hari jadi Program Studi Hubungan Masyarakat yaitu Humas Born Day (HBD).

Pada tahun ini, PRINTER mengangkat tema "90's Colorful: Action FM" dengan membawa harapan agar mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat secara internal dapat mengekspresikan dirinya melalui perlombaan-perlombaan yang diadakan.

Dalam bidang akademik terdapat lomba penulisan press release serta foto dan video pendek. Selain itu, ada futsal dan e-sport PES pada perlombaan bidang non akademik. Pemilihan jenis lomba ini berdasarkan tingkat kesulitan dan linearitas belajar mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat.

"Kita pilih (jenis lomba) supaya apa yang dipelajari dapat diterapkan dan tidak terlalu berat," jelas Muhammad Rizal Dwi Saputra, selaku ketua acara.

Jenis lomba non akademik yang dilaksanakan terakhir yaitu futsal. Perlombaan ini dilaksanakan di Tifosi Futsal, Umbulharjo pada 2 Oktober kemarin. Diikuti oleh lima tim yang beranggotakan mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat angkatan 2019-2022, pertandingan ini dimenangkan oleh tim angkatan 2021.

Dari sudut pandang panitia, kendala yang dialami yaitu tidak adanya pengalaman dalam merealisasikan event serupa. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang menjadi panitia merupakan mahasiswa yang tahun masuknya angkatan daring. Meskipun terdapat beberapa kendala, menurut Rizal acara ini berjalan sesuai dengan rencana atas kerjasama panitia yang bertugas.

"Aku sangat mengapresiasi teman-teman panitia, walaupun tidak ada tolak ukur untuk dikomparasikan dan berjalan sesuai rencana," tambahnya.

Selain merayakan hari jadi Program Studi Hubungan Masyarakat, acara PRINTER X HBD juga bertujuan untuk menyatukan dua acara yang berbeda. "Acara ini juga untuk merekatkan antar angkatan, subnya ada solidaritas dan bonding," pungkasnya.

Salah satu mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat angkatan 2020 yang mengikuti pertandingan futsal, Alwandi Tegar juga memberi harapan yang sama. Ia menyebut walaupun acara ini antar angkatan dan internal, namun tetap seru dan kompetitif.

"Seru banget, tapi mungkin runtutan acaranya bisa diperbaiki lagi supaya waktunya tidak molor," ungkapnya.

-by Dias Nurul Fajriani, PR Student'20 at UPNVY




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline