Lihat ke Halaman Asli

LoopyCo

Indonesia | counseling | free up your mind

Alternatif Layanan BK Saat Pandemi Covid-19 di Homeschooling

Diperbarui: 22 Juni 2020   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Senin, 22 Juni 2020. Anak-anak yang yang sedang bersekolah baik itu di tingkat SD, SMP maupun SMA sederajat mengalami kondisi untuk belajar di rumah (Study From Home/ SFH). Hal ini menjadikan anak-anak yang tadinya berangkat ke sekolah, belajar dan bermain bersama teman-temannya dan guru di sekolah sekarang menjadi tidak lagi. Khususnya di Kota Tegal yang sekarang menjadi zona kuning juga menjadi kekhawatiran bersama jika terjadi penularan covid-19 ketika anak berada di sekolah. 

Belajar di rumah menjadi alternatif yang banyak dilakukan oleh sekolah di Kota Tegal dan sekitarnya. Belajar di rumah dilakukan secara daring. Guru memberikan materi pelajaran melalu grup WhatsApp yang didalamnya terdapat pembahasan materi dan seputar tanya jawab. Anak-anak biasanya juga mendapatkan penjelasan guru pada media lain seperti via YouTube dan ada beberapa yang menyapa langsung murid-muridnya melalui Zoom meeting, Microsoft Teams, Google Meet dan aplikasi lainnya yang disesuaikan dengan kemampuan guru dan siswa.

Dengan adanya pembelajaran di rumah / homeschooling ini menjadikan interaksi orang tua dan anak menjadi lebih intens. Anak memang akan membutuhkan perhatian orang tua. Dan orang tua pula akan belajar untuk beradaptasi dengan cara mengajari anak-anaknya. Hal ini membutuhkan layanan Bimbingan dan Konseling (BK), baik di keluarga, sekolah maupun homeschooling. Layanan BK ini berbasis helping relationship yang mana saling berkaitan dan saling membantu antara guru, orang tua dan siswa. 

Orang tua di rumah pasti membutuhkan bantuan guru untuk bisa memberikan pelajaran kepada anak. Guru juga perlu untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran online yang gencar dilakukan. Begitupula siswa sangat membutuhkan tempat untuk berbagi kala mengalami kesusahan. Hal ini dapat dilakukan dengan adanya layanan BK yang memberikan ketenangan bagi orang tua, guru dan siswa untuk terus dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline