Lihat ke Halaman Asli

dian yuni pratiwi

Pengajar dan pembelajar

Kultur Jaringan untuk Perbanyakan Rumput Laut

Diperbarui: 11 Agustus 2021   16:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknik Kultur Jaringan Tanaman (www.pixabay.com)

Pernah melihat tanaman yang ditanam dalam botol? Jika sudah pernah, tanaman yang ditanam dalam botol itu disebut dengan istilah “plantlet” dan ditanam dengan teknik kultur jaringan tanaman. Apa sih teknik kultur jaringan itu?

Kultur jaringan tanaman adalah suatu teknik mengisolasi bagian tanaman seperti protoplas, sel,
jaringan dan organ, yang kemudian menumbuhkannya dalam media buatan dengan
kondisi aseptik dan terkendali (Gunawan, l988). Nah ternyata, teknik kultur jaringan tidak hanya dapat diterapkan pada tanaman, tetapi teknik ini juga dapat diterapkan pada alga atau rumput laut.

www.pixabay.com

Alga atau rumput laut merupakan organisme yang dikelompokan ke dalam kingdom protista dan biasa juga disebut dengan protista yang mirip tumbuhan. Hal ini dikarenakan beberapa karakter dari alga mirip dengan tumbuhan. Namun, alga atau rumput laut bukanlah tumbuhan karena ada beberapa ciri-ciri yang berbeda. Alga belumlah memiliki akar, batang, daun yang jelas sehingga alga disebut juga sebagai thallophyte (tumbuhan talus). Namun, teknik kultur jaringan tetap dapat diterapkan untuk memperbanyak alga atau rumput laut.

Saat ini, Alga atau rumput laut adalah salah satu komoditas yang diminati oleh masyarakat dunia sehingga permintaan akan rumput laut terus meningkat. Rumput laut diketahui memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kehidupan manusia dan telah dipakai pada berbagai industri antara lain industri makanan, obat, kosmetik, pakan ternak dan pakan ikan. Oleh karena itu, upaya untuk perbanyakan bibit rumput laut sangat diperlukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan teknik kultur jaringan. Tujuan dari teknik kultur jaringan rumput laut ini adalah untuk perbanyakan bibit alga dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat, tanpa memerlukan lahan yang luas. Keunggulan yang lain adalah rumput laut yang dihasilkan dari kultur jaringan memiliki ketahanan terhadap penyakit yang lebih tinggi. Rumput laut kultur jaringan akan tumbuh lebih cepat karena jaringan yang ditanam dalam botol masih bersifat meristematic sehingga mampu menghasilkan sel-sel baru yang lebih cepat. Salah satu teknik kultur jaringan yang telah berhasil dilakukan pada alga khususnya makroalga adalah kultur talus.

Lalu, bagaimana cara melakukan kultur talus pada rumput laut?

Tahapan dalam kultur talus rumput laut secara garis besar yaitu:

1. Penyiapan dan sterilisasi peralatan

Peralatan yang perlu disiapkan antara lain adalah botol untuk mengkultur, pinset, wadah penyimpanan alkohol 70%, hand gloves, masker, cutter, cawan petri, baskom pencucian eksplan, mikropipet ukuran 1000 μL dan 50 μL, mikrotip, labu erlenmeyer (1000 mL), gelas ukur (1000 mL), gelas piala, shakker, rak kultur, lampu TL 20 Watt dengan intensitas cahaya 1500 lux, dan ruangan steril yang dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) yang suhunya dipertahankan 25 ̊C. Botol-botol untuk mengkultur, pinset, cutter, labu erlenmeyer, gelas ukur, gelas piala, dan cawan petri kemudian ditutup dengan aluminium foil dan disterilisasi dengan autoclave atau oven pada temperature 180 ̊C selama 2 jam.

2. Penyiapan dan steriliasasi media

Selain alat, kita juga perlu menyiapkan bahan-bahan yang digunakan. Secara garis besar, bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan untuk membuat medium dan jaringan muda dari talus macroalga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline