Lihat ke Halaman Asli

Diana Tobir

Aktivis PMII Surabaya selatan, Alumni Pasca Sarjana UIN Sunan Ampel Sby

Academic Visit KKG Aquba Al Azhar Jatim

Diperbarui: 17 Januari 2023   10:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Agenda KKG : Academic Visit 

Rabu, 11 Januari minggu lalu seluruh guru agama Al Azhar Jawa timur, atau biasa kami sebut dengan KKG Aquba mengunjungi salah satu sekolah yang terletak di Karanganyar, Solo yaitu Al Azhar International Boarding School atau biasa dikenal dengan AIIBS. 

Tujuan diadakannya academic visit ini adalah untuk saling berbagi dan belajar, berdiskusi menemukan inspirasi baru dan bersama -sama mengembangkan potensi yang ada pada masing - masing unit sekolah di Al Azhar Jawa Timur. Sebagai lembaga pendidikan islam tentunya mempunyai visi misi tidak hanya pada bidang akademik tetapi juga konsen dan prioritas pada pendidikan Agama dan adab sehingga dapat terintegrasi dengan seimbang. 

Tahfidz, tahsin, penanaman adab, budaya sekolah yang islami bukan hal yang baru di Al Azhar dan sudah menjadi kegiatan yang terprogram dengan baik. Hanya seiring perkembangan zaman, tentunya kami tidak berpuas diri dan belajar untuk tetap mengembangkan program yang ada menjadi lebih baik. Academik visit ini juga salah satu program dari Takmir atau keagamaan. Kami berangkat jam 03.00 pagi . Yuk intip bagaimana sekolah yang kami kunjungi !

Al Azhar International Boarding School (AIIBS)

Sekolah yang terletak tidak jauh dari Solo kota ini merupakan satu-satunya sekolah di Al Azhar dengan sistem boarding school. Dengan memprioritaskan pendidikan pada Al Qur'an, adab serta integrasi teknologi, harapannya sekolah ini mampu mencetak lulusan hafidz-hafidzah yang berwawasan Global. Baru berjalan dua tahun, AIIBS sudah dengan mantap menjalankan program tahfidz lengkap dengan target sesuai kemampuan peserta didik yang diterima. 

Munculnya AIIBS ini menjadi sekolah dengan sistem boarding school yang mempunyai fasilitas setara dengan hotel bintang 5 yaitu mempunyai asrama untuk putra dan putri dengan maksimal berisikan 6 siswa, mempunyai masjid dan taman dengan view pegunungan tentunya memberikan suasana baru  dan fresh yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menghafal Al Qur'an. 

Lalu bagaimana dengan jam pelajaran sekolah selain tahfidz ? AIIBS menerapkan kurikulum 2013 sehingga murid belajar seperti biasa dari pagi hingga jam 2 siang untuk sekolah reguler dan melanjutkan ke halaqoh tahfidz hingga jam 9 malam. 

Guru juga dilarang memberikan pekerjaan rumah atau PR sehingga seluruh tugas diselesaikan di ruang kelas sehingga tidak menggangu aktivitas siswa untuk fokus hafalan. Ujian juga dilaksanakan untuk menguji hafalan siswa sesuai target. 

Menyeimbangkan antara pendidikan akademik dan tahfidz tentu tidak mudah. Selain mempunyai SDM berkualitas, program yang konsisten dan juga ghirah atau semangat yang luar biasa untuk tetap istiqomah dan  dan untuk memotivasi siswa, sekolah juga mengapresiasi dengan cara mengadakan Halaqoh dan student of the month. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline